Environment Graphic Design (EGD)

Environment Graphic Design atau istilahnya Graphic Lingkungan adalah segala bentuk grafik yang ada di lingkungan, termasuk di dalamnya berupa tanda-tanda penunjuk arah, papan pengumuman, ornament graphis pada sebuah bangunan, pelat nama di gedung-gedung, juga segala bentuk tulisan pada objek dua maupun tiga dimensi.

Ruang lingkup EGD mencakup signage, wayfinding system, exhibition design, information design, pictogram juga placemaking. Jagi project EGD bias melibatkan arsitek, interior design, landscape maupun industrial design.

Desain graphis yang anda buat di media dua dimensi jika diaplikasikan ke tiga dimensi akan sangat berbeda. Ada strategi dan kondisi yang harus diperhatikan :

Unsur kedalaman
EGD didesain untuk ditampilkan secara fisik di sebuah bangunan atau tempat atau ruang public. Mempunyai ketebalan dan kedalaman yang bias dilihat dari berbagai sisi. Tidak seperti media dua dimensi yang cukup dicetak diatas kertas. EGD parlu dirakit atau dibuat di pabrikan.

Skala atau ukuran
Ukuran berpengaruh terhadap unsure kejelasan dan visibility sebuah objek terutama untuk penempatan di outdoor. Sign untuk indoor biasanya mempunyai ukuran lebih kecil. Ukuran idealnya tidak merusak keindahan sebuah bangunan atau mengganggu kenyamanan mata.

Konteks
Penempatan sign atau produk dari EGD harus disesuaikan dengan kebutuhan, factor ergonomic, kenyamanan dan kesesuaiannya dengan lingkungan sekitar seperti landscape background, arah datangnya cahaya matahari, jenis material yang digunakan, arsitektur bangunan, dan factor demografi.

Complexity
Project, proses, dan elemen-elemen dari EGD punya tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Selain melibatkan kolaborasi antara desainer dan arsitek, dasar-dasar pengetahuan tentang material atau bahan sangat diperlukan.

Tipografi
Penggunaan jenis huruf untuk teks signage sangat dibatasi.
Pemilihan font untuk bangunan atau gedung di kota tentu akan berbeda untuk di museum atau tempat-tempat bersejarah. Cara penulisan huruf juga harus mudah dibaca dalam jarak tertentu.

Tingkat Ketahanan
Sebagai unsur penunjang bagi sebuah tempat atau bangunan. Sign system harus mampu bertahan dalam jangka waktu cukup lama dan tahan di segala kondisi cuaca. Kelembaban, hujan dan cahaya matahari adalah factor-faktor yang harus diperhitungkan.

Warna
Penggunaan kombinasi warna yang kontras untuk teks dan background bias membantu kejelasan signage dan visibility tulisan atau gambar. Penggunaan warna sebagai elemen visual sign juga berfungsi untuk memberikan penekanan atau identitas tempat yang bersangkutan. Warna sebaiknya digunakan secara berulang untuk mempermudah identifikasi sign atau kesamaan identitas tempat.

Multidisiplin
Desainer EGD biasanya bekerja dalam tim yang terdiri dari signage programmers, desainer, drafting technicians, arsitek, arsitek landscape, lighting designer dan lain-lain yang kebanyakan multidisiplin.

Masa produksi
Project-project desainer grafis seringkali memakan waktu berminggu-minggu hingga bulanan. Lain halnya dengan EGD assignments yang membutuhkan waktu hingga beberapa tahun karena pengerjaannya kadang pararel dengan sang arsitek.

Kebutuhan akan digital IT sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari, Bead IT Consultant merupakan pilihan tepat sebagai partner anda,kunjungi website kami dengan klik link ini : www.beadgrup.com