Tugas Staff Administrasi

Di sebuah perusahaan atau instansi terdapat berbagai macam divisi untuk bisa menjalankan perusahaan dengan baik. Salah satu divisi yang ada di sebuah perusahaan tersebut adalah bagian administrasi.

Secara umum, tugas staff adminstrasi ini untuk mengorganisasi seuatu data atau kegiataan guna membuat sistem atau tujuan di perusahaan dan instansi tersebut bisa tercapai dengan baik.

Mengingat cukup pentingnya divisi tersebut, banyak universitas bahkan SMK di negeri ini yang membuka jurusan adminstrasi.

Sehingga para lulusannya siap untuk memberikan kontribusi lebih kepada perusahaan atau instans tersebut dengan jobdesk yang jelas dan terarah. Nah, untuk lebih lengkapnya, tentang staff administrasi, berikut akan kami paparkan ulasannya di bawah ini!

Pengertian Administrasi

Sebelum beranjak pada pembahasan staff administrasi, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu tentang pengertian administrasi.

Secara etimologi, adminstrasi ini berasal dari bahasa latin, yaitu Ad yang memiliki arti ministrare dan intensif. Bila diterjemahkan ke bahasa Indonesia artinya memenuhi dan melayani.

Adapun pengertian secara luasnya, administrasi adalah kegiatan perencanaan, mengarahkan, menyelenggarakan, mengorganisir, serta mengawasi pekerjaan-pekerjaan yang berkaitan dengan kegiatan yang ada di kantor atau instansi.

Tugas Staff Administrasi

Apa Itu staff administrasi perkantoran

Tentunya staff adminsitrasi ini memiliki tugas tersendiri agar pekerjaan di perusahaan bisa terlaksana dengan baik. Secara umum, staff admnistrasi memiliki tugas untuk melakukan merekap data, mengelola dokumen dan menyimpan hal tersebut dengan terorganisir.

Selain itu, koordinasi tugas dari administrasi pun selaras dan sangat berhubungan dengan manajemen perusahaan sehingga diperlukan chemistry yang baik dalam mewujudkan hal tersebut.

Adapun Tugas lain dari Staff Administrasi adalah sebagai berikut;

1. Mengarsip Data

Tugas yang biasa dilakukan oleh staff adminstrasi adalah mengarsip data. Hal tersebut perlu dilakukan agar data-data yang ada mudah untuk dikelola serta data maupun dokumen bisa terorganisir dengan baik.

2. Entri Data Perusahaan

Selain mengarsip data, bagian administrasi pun perlu untuk mengentri atau merekap data yang ada di perusahaan.

Merekap data tersebut bisa berasal dari klien maupun konsumen yang telah bekerja sama ataupun loyal terhadap perusahaan.

Jika perusahaan sudah berkembang dengan baik lagi, perekapan data biasanya dibantu oleh divisi gudang, sehingga tugas bagian administrasi adalah merekap kesimpulan yang telah dilakukan oleh divisi lain.

Maka dari itu, seorang staff administrasi diharuskan memiliki ketelitian untuk bisa merekap data-data perusahaan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *