Tugas Admin

Setiap perusahaan baik besat maupun kecil pasti memiliki banyak urusan dokumen, berkas, komunikasi dengan client , hingga urusan keuangan. Segala keperluan kantor ini umumnya dikenal degan istilah administrasi. Admin adalah pegawai perusahaan yang memiliki tugas atau jobdesk untuk menjalankan tata kelola administrasi perusahaan. Seorang admin tidak hanya bertugas untuk mengelola dokumen-dokumen perusahaan.

Admin juga bertugas memberikan pelayanan jasa terhadap urusan sumber daya yang diperlukan oleh para pegawai lainnya untuk melaksanakan pekerjaan mereka. Secara spesifik tugas admin di setiap perusahaan akan berbeda karena kebutuhan jasa dan jumlah admin pada setiap perusahaan akan berbeda. Namun jika dilihat secara umum ada beberapa poin dari tugas admin yang bisa diperhatikan.

Secara umum admin bertugas untuk mengelola administrasi sehingga yang paling terlihat adalah pengumpulan dan penyusunan dokumen baik berupa dokumen umum perusahaan atau dokumen pribadi pegawai lainnya yang berhubungan dengan kebutuhan arsip  perusahaan.

Dokumen ini sangat penting bagi perusahaan, dokumen menunjukkan resmi atau tidaknya suatu perusahaan.  Apabila terdapat suatu hal yang membuat perusahaan terlihat seperti melakukan sesuatu yang tidak resmi secara hukum dan perusahaan tidak dapat menunjukkan dokumen yang dapat mendukung maka bisa jadi akan banyak kerugian pada perusahaan.

Dokumen yang dikelola oleh admin juga bisa dijadikan sebagai arsip untuk melakukan perhitungan statistik ataupun evaluasi pencapaian suatu perusahaan. Terkadang dokumen yang telah ada memuat data yang tidak sesuai dengan yang seharusnya atau yang diinginkan perusahaan. Oleh karena itu admin seringkali diberi tugas oleh perusahaan untuk mengubah nilai statistik demi menyesuaikan data yang seharusnya atau data yang diharapkan.

Selain untuk urusan dalam perusahaan, admin umumnya juga memiliki tugas dalam komunikasi dengan pihak luar ataupun client. Manajer atau bagian public relation tidak akan selalu sedia untuk menerima komunikasi dari pihak luar, oleh karena itu biasanya komunikasi dari pihak luar akan diterima oleh admin kemudian baru diteruskan ke manajer atau pegawai lainnya yang dituju pihak luar tersebut.

Salah satu hal yang simpel tapi juga penting dari tugas admin adalah mempersiapkan berbagai peralatan kantor. Mungkin terdengar sepele tapi tanpa adanya admin yang memastikan keperluan kantor terpenuhi maka bisa jadi pekerjaan para pegawai tidak akan berjalan. Kebutuhan kantor yang dimaksud bukan hanya sekedar seperti alat tulis kantor tapi juga menyiapkan ruangan dan persiapan ketika harus ada rapat dengan client atau justru mencari tempat jika harus rapat dengan client ingin dilakukan di luar kantor.

Menyiapkan berbagai keperluan kantor juga tidak sederhana yang dibayangkan. Contohnya ketika admin harus membuat surat kantor, admin juga harus memastikan agar semua ejaan pada surat tersebut sudah benar dan tidak ada typo.

Seorang admin memiliki tugas memastikan segala perkerjaan perusahaan dapat berjalan sesuai dengan jadwal serta adanya koordinasi yang bagus ke atas atau level manajerial maupun koordinasi yang bagus ke bawah (staf blue collar)

Setiap perusahaan akan memiliki tugas admin secara spesifik yang berbeda-beda. Bahkan di perusahaan besar akan memiliki banyak admin yang biasanya jobdesk antar admin akan dibagi-bagi lagi sehingga berbeda antara satu admin dan admin lainnya.

Kebutuhan akan digital IT sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari, Bead IT Consultant merupakan pilihan tepat sebagai partner anda,kunjungi website kami dengan klik link ini : www.beadgrup.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *