Pengertian Staf Administrasi dan Peran Penting Staf Administrasi

Salah satu pekerjaan yang sering dianggap sebelah mata adalah pekerjaan sebagai admin. Staf administrasi seringkali dicap sebagai si tukang ketik, si tukang susun, hingga si tukang beres-beres. Padahal pekerjaan administrasi gak semudah itu loh. Supaya pandangan Anda enggak bias lagi tentang pekerjaan sebagai admin, kami coba bahas beberapa hal penting tentang admin

Sebelum beranjak pada pembahasan staff administrasi, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu tentang pengertian administrasi.

Pengertian Staf Aministrasi

Secara etimologi, adminstrasi ini berasal dari bahasa latin, yaitu Ad yang memiliki arti ministrare dan intensif. Bila diterjemahkan ke bahasa Indonesia artinya memenuhi dan melayani.

Adapun pengertian secara luasnya, administrasi adalah kegiatan perencanaan, mengarahkan, menyelenggarakan, mengorganisir, serta mengawasi pekerjaan-pekerjaan yang berkaitan dengan kegiatan yang ada di kantor atau instansi.(100)

Peran Penting Staff Administrasi

Selalu persiapkan segala kemungkinan yang bisa terjadi termasuk skenario untuk menyiasati situasi tidak terduga.

Jadwal atasan sepenuhnya harus kamu kuasaai, biasanya kalau perusahaan sudah berbasis sistem online maka semua jadwal akan masuk ke kalendar elektronik tiap orang.

Termasuk bos-bos juga akan bisa mengakses jadwalnya sendiri, tapi jika mereka punya staf administrasi atau sekretaris maka para atasan tinggal menunggu diinfokan oleh stafnya.

Tantangannya, kamu jelas harus punya organisasi waktu yang baik untuk diri sendiri supaya bisa ‘mengatur’ orang lain dengan baik juga.

Sekali waktu, salah satu teman saya yang juga sekretaris harus berkantor di unit lain bersama GM (General Manager) yang adalah atasan langsungnya, tapi para manager dan supervisor di timnya langsung kebingungan dengan jadwal meeting dan peminjaman ruang rapat karena sudah biasa diurusi oleh teman saya ini.

Sering juga ada yang bilang, “Kalau nggak ada kamu, nggak jalan deh ini meeting.” Ini karena peranan seorang staf administrasi yang kadang juga harus menjadi notulen sembari memastikan dokumen lain sudah dikirim ke pihak-pihak yang dituju. Posisimu akan sangat dibutuhkan  dan dicari-cari.

 Seorang staff administrasi dituntut untuk melakukan pengorganisasian data, dokumen, hingga jadwal-jadwal dari petinggi di suatu perusahaan. Intinya seorang staff administrasi dituntut untuk rapi dan tahan tekanan! Seorang staff administrasi seringkali menjadi staff kunci bagi berlangsungnya bermacam-macam aktivitas yang ada di suatu perusahaan. Staff administrasi seringkali mengorganisir jadwal meeting dan berbagai macam kegiatan yang ada di perusahaan.

Selain itu di beberapa perusahaan mereka juga sering diberikan tanggung jawab untuk mengatur jadwal atasan langsung mereka, semacam manajer bagi para artis ya. Oleh karena itulah seorang staff administrasi wajib banget jago mengatur waktu diri sendiri dan waktu ‘orang lain’.

Kebutuhan akan digital IT sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari, Bead IT Consultant merupakan pilihan tepat sebagai partner anda,kunjungi website kami dengan klik link ini : www.beadgrup.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *