TIPS HIDUP SEHAT PADA PANDEMI COVID-19

Manfaat Pola Hidup Sehat
Dengan pola hidup sehat akan menciptakan harapan hidup lebih lama. Manfaat lain yang kita dapatkan yaitu meningkatkan imun tubuh. Imun tubuh dapat mencegah penyakit masuk ke dalam tubuh kita, termasuk virus Covid-19.
Cara kerja imun tubuh dengan memiliki 3 fungsi, yaitu fungsi pertahanan, fungsi homestatis, dan fungsi pengawasan. Lalu pola hidup sehat juga dapat membuat tubuh kita menjadi lebih semangat, sehingga tubuh akan terus aktif melakukan berbagai aktivitas.

Ada beberapa manfaat kalau kita melakukan pola hidup sehat:
• Terhindar dari berbagai penyakit
Ketika kamu menerapkan pola hidup sehat dengan melakukan hal-hal yang baik untuk tubuh, kemungkinan terkena penyakit ringan dan berat secara otomatis akan berkurang. Beberapa penyakit yang bisa kamu hindari antara lain adalah maag dan obesitas karena makan tidak teratur, migrain karena terlalu banyak begadang, dan bahkan penyakit berat seperti jantung, diabetes, dan juga kanker.

• Memiliki banyak energi
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ketika kamu menjalani pola hidup sehat dan memperhatikan apa yang kamu masukkan ke dalam badan, maka metabolisme dapat meningkat.
Ketika metabolisme bekerja lebih cepat, badan akan memiliki lebih banyak energi alami yang dapat digunakan untuk melakukan aktivitas seperti menyelesaikan pekerjaan dan mungkin berolahraga.

• Berat badan terjaga
Menjaga makan dan rutin berolahraga dapat memberi manfaat yang biasanya paling pertama terlihat, yaitu berat badan turun atau terjaga di batas normal.Ketika berat badan terjaga, badan akan terasa lebih ringan dan kamu tidak akan.

Cara pola hidup sehat

  1. Istirahat dan minum air putih yang cukup.
    Memiliki waktu istirahat yang cukup. Sangat penting untuk mempertahankan rutinitas tidur yang teratur agar hari-hari tetap berjalan sesuai pola normal. Pastikan Anda tidak begadang karena dapat berakibat buruk pada kesehatan Anda.
  2. Makan sehat dan konsumsi vitamin
    Banyak yang mengatakan bahwa tinggal di rumah selama pandemi COVID-19 adalah momen baik bagi tubuh untuk memperoleh gizi seimbang. Atur menu makanan Anda dan keluarga agar tetap memenuhi unsur-unsur zat gizi yang lengkap dalam jumlah yang sesuai, tidak lebih dan tidak kurang.
    Anda dapat menerapkan konsep “Piring Makanku” yang memenuhi kaidah gizi seimbang sebagai berikut:
    • Setengah porsi piring makan berupa sayur dan buah beraneka jenis dan warna.
    • Seperempat porsi piring makan diisi protein, baik hewani (telur/ayam/ikan/daging) maupun nabati (kacang-kacangan).
    • Seperempat porsi piring makan diisi karbohidrat kompleks (beras/biji-bijian).
    • Lengkapi dengan minyak sehat (zaitun/kedelai/jagung/kanola). Hindari minyak yang mengandung lemak jenuh atau kolesterol tinggi.
    • Konsumsi cukup air putih. Batasi konsumsi susu hingga 2 gelas per hari, jus sekitar satu gelas per hari, dan hindari minuman dengan kandungan gula tinggi.
  3. Menjaga higeinitas
  4. Sering mencuci tangan
  5. Menjaga jarak (social distancing)
    3.Tidak sering menyentuh wajah
    4.Membersihkan permukaan barang yang sering disentuh
    5.Mempraktikkan etika bersin dan batuk
  6. Tidur yang cukup
    Saat tubuh mendapatkan istirahat yang cukup, banyak hal positif yang dapat dirasakan. Faktanya, memang ada bagian respons imun tubuh yang hanya terjadi saat tidur..

Tips agar tetap sehat dimasa pandemi

  1. Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS)
    Cara yang tepat untuk mencuci tangan adalah dengan menggunakan sabun dan air bersih yang mengalit, gosok tangan hingga timbul busa sabun, bersihkan tangan dan jari sampai bagian bawah kuku, cuci setidaknya selama 20 detik. Cuci tangan sebelum makan, setelah menggunakan kamar mandidan toilet, setelah mengganti popok, setelah bermain dengan binatang, serta sebelum dan sesudah berada di sekitar orang yang sakit.
  2. Memakai Masker dan Hindari Orang Sakit
    Upayakan selalu memakai masker dalam setiap aktifitas. Jika mengetahui ada orang yang sakit, walaupun orang penting, atau teman, keluarga, maka menjauhlah dari mereka; kecuali jika memang benar benar perlu maka pakai masker dan gunakan protokol kesehatan. Dan jika harus berinteraksi dengan mereka, jangan berdiri terlalu dekat. Pastikan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah berada disekitar orang yang sakit. Segera bersih bersih jika disekitar ada orang sakit yang bersin atau batuk.
  3. Jaga Jarak dan Jauhi Kerumunan
    Selalu menjaga jarak diatas 1,5 meter untuk upaya menghindari penularan. Virus COVID-19 menyebar lebih mudah di tempat-tempat dengan lalu lintas padat seperti sekolah, transportasi umum, kantor, dan tempat umum lainnya. Jika memungkinkan, hindari berlama lama tinggal di tempat-tempat seperti ini, tetap tinggal di rumah jika tidak terlalu penting.
  4. Kebersihan
    Bersihkan semua permukaan benda disekitar dengan menggunakan desinfektan; seperti : dinding, lantai, meja, kursi, furnitur lainnya, kunci mobil, handphone; dll. Hindari penggunaan barang yang memungkinkan virus atau mikroorganisme tetap hidup; seperti karpet, keset yang tidak dibersihkan; masker yang sudah lama digunakan, dll
    5.Gizi Seimbang
    Diet degan makan makanan sehat dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat tetap sehat. Upayakan untuk mengikuti pedoman Gizi Seimbang, perbanyak makan buah-buahan, dan sayuran. Hindari makanan yang tidak sehat dan jangan merokok, serta jangan minum minuman beralkohol.
    6.Aktifitas Fisik
    Luangkan waktu untuk berolahraga sekitar tiga hingga empat kali seminggu. Aktifitas fisik berupa latihan aerobik, jogging, bersepeda, dan sejenisnya dalam jumlah sedang dapat membantu meningkatkan pertahanan tubuh terhadap terhadap virus dan bakteri.
  5. Siapkan Hand Sanitizer
    Mencuci tangan masih dipandang sebagai cara yang lebih efektif untuk mencegah virus COVID-19 dan penyakit lainnya, tetapi pembersih tangan Hand Sanitizer akan berguna dan lebih efektif serta simple penggunaannya.

Kebutuhan akan digital IT sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari, Bead IT Consultant merupakan pilihan tepat sebagai partner anda,kunjungi website kami dengan klik link ini : www.beadgrup.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *