PROSPEK KERJA DAN PERSYARATAN MENDAFTAR JURUSAN ADMINISTRASI NEGARA

ADMINISTRASI NEGARA? APA ITU?

Secara umum, Administrasi Negara (atau Public Administration) adalah program studi yang mempelajari bagaimana mengelola administrasi secara lebih spesifik, khususnya mempelajari administrasi negara atau administrasi pemerintahan dan unsur-unsur di dalamnya.

Ilmu Administrasi Negara mempelajari seluruh proses yang dilakukan organisasi maupun perseorangan, yang berkaitan dengan penerapan atau pelaksanaan hukum/peraturan yang dikeluarkan oleh badan legislatif, eksekutif serta peradilan, terutama bagaimana proses kebijakan tersebut diterapkan.

JURUSAN ADMINISTRASI NEGARA BELAJAR APA AJA?

Namanya juga administrasi, bidang ini tidak bisa lepas dari pengumpulan dan pengolahan data. Jurusan administrasi negara saat ini tidak hanya mempelajari teori, tetapi juga mempelajari bagaimana memanfaatkan kecanggihan teknologi dan komunikasi untuk meneliti, menganalisa dan mencari solusi seputar masalah implementasi kebijakan.

Berikut adalah beberapa contoh mata kuliah yang akan di pelajari oleh mahasiswa jurusan administrasi negara: Sistem dan Hukum Administrasi Negara, Demografi, Statistik Sosial, Sumber daya manusia, Manajemen, Administrasi Keuangan, Administrasi Pemerintah Daerah dan lain sebagainya.

SKILL/KETERAMPILAN APA SAJA YANG BISA SAYA DAPATKAN DARI JURUSAN ADMINISTRASI NEGARA?

Lulusan Program Studi Administrasi Negara memiliki kompetensi dalam hal pengelolaan dan manajemen organisasi publik, seperti Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Kinerja, Sistem Pemerintah Daerah, Kepemimpinan, Administrasi Keuangan, Opini dan Kebijakan Publik, Akuntansi Sektor Publik, Perbendaharaan Negara, e-Government, Desain Organisasi baik untuk Instansi Pemerintah maupun Swasta.

Lulusan Program Studi Administrasi Negara dibekali dengan kemampuan, keterampilan, etika, dan pengetahuan tentang sistem administrasi negara, pemerintahan daerah, birokrasi dan demokrasi, keuangan negara, ekonomi politik, akuntabilitas publik dan pengawasan, keuangan daerah, manajemen pelayanan umum, administrasi pembangunan, manajemen perkotaan, administrasi lingkungan, kebijakan publik, hukum administrasi negara, administrasi kepegawaian negara, kepemimpinan, e-government, perencanaan dan manajemen strategis dalam sektor public

Selain itu mahasiswa jurusan administrasi negara juga mempelajari keterampilan untuk mengelola berbagai jenis organisasi secara komprehensif dan kemampuan mengambil keputusan strategis. 

Kompetensi dasar Sarjana Administrasi Negara adalah sebagai berikut:

  • berdaya saing tinggi secara akademis maupun moral
  • mengidentifikasi, menganalisis, dan menangani masalah-masalah publik berdasarkan landasan metodologis
  • sewaktu menangani masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan, dan menjabarkan solusi secara tahap per tahap beserta prioritasnya
  • membuat terobosan-terobosan melalui pemikiran kreatif dan inovatif dalam rangka memberdayakan peran serta masyarakat
  • dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas
  • mampu bekerja baik secara mandiri maupun kelompok
  • mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka
  • mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada
  • mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang administrasi negara
  • mampu mengikuti perkembangan baru di bidang administrasi negara, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.
  • berorientasi pada pemenuhan kebutuhan dan kepuasan warga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *