Model warna dalam desain grafis

  • RGB ( Red Greed Blue)

Model warna RGB terdiri atas tiga channel dalam memproduksi warna yakni Red, Green, Blue. Gambar dalam bentuk RGB bekerja dengan format 24 bit dan setiap channel warna R,G,B mengandung 8 bit. Alat elektronik (monitor,scanner,kamera digital,TV) bekerja dengan model warna RGB. Sehingga warna yang dikerjakan pada piranti elektronik apabila akan dicetak maka harus di convert ke model CMYK. Agar warna hasil cetakan dapat sama dengan warna pada monitor maka harus dilakukan kalibrasi pada peralatan yang digunakan

  • CMYK (Cyan Magenta Yellow Black)

Model warna CMYK terdiri atas empat channel dalam memproduksi warna yakni Cyan,Magenta,Yellow dan Black. Secara umum gambar dalam bentuk CMYK bekerja dengan format 32 bit dan setiap channel warna C,M,Y,K mengandung 8 bit. Contoh alat yang bekerja dengan model warna CMYK adalah tinta printer dan offset. Model warna CMYK dan RGB memiliki perbedaan jangkauan warna yang disebut dengan gamut warna (color gamut) / color space, sehingga gambar dengan model CMYK pada monitor akan lebih redup apabila dibandingkan dengan model RGB.

  • HSL ( Hue Saturation Lightness)

HSL adalah karakteristik warna yang didefinisikan menggunakan komponen H (hue), S (saturation) dan L (lightness),Hue menyatakan nilai dari pigmen warna,dan diukur dengan satuan derajat dari 0 sampai 360, Hue dipakai untuk klasifikasi warna merah /red (0 derajat), kuning /yellow (60 derajat), hijau /green (120 derajat), biru muda /cyan (180 derajat),biru/ blue (240 derajat),dan merah/magenta (300 derajat). Saturation / Chroma adalah derajat intenstitas suatu warna (intensity) dengan nilai antara -80 hingga 120 yang berfungsi untuk mendefinisikan kemurnian suatu warna, baik cenderung kotor(grayish) maupun cenderung dominan (murni). Semakin tinggi nilai presentasenya maka gambar warnanya semakin tajam, semakin rendah presentasenya maka gambar warnanya akan semakin menuju keabu-abuan .

  • Lab Color – Lightness (green – red axis) b(blue – yellow axis)

Lab ( merupakan model warna tiga dimensi yang terdiri atas Luminance yaitu unsur untuk mengukur kecerahan/gelap terang (lightness),a yaitu komponen warna koordinat chromatic yang mempresentasikan jangkauan warna dari merah ke hijau dan b yaitu komponen warna koordinat chromatic yang mempresentasikan jangkauan warna biru ke kuning. Luminance memiliki nilai antara 0 (paling gelap) dan 100 (paling cerah) sedangkan untuk a dan b memiliki nilai warna antara 128 dan minus 127. Lab dinyatakan dalam bentuk LCH,dimana L (lightness),C(Chroma) dan H (hue).

Kebutuhan akan digital IT sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari, Bead IT Consultant merupakan pilihan tepat sebagai partner anda,kunjungi website kami dengan klik link ini : www.beadgrup.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *