Perbedaan admin dan Operator

Admin dan operator adalah dua fungsi terkait pelaksanaan operasional sebuah sistem atau jaringan.

admin: admin itu kependekan dari administrator atau administration, pengelola atau ruang untuk mengelola sesuatu, bisa website, server, database, atau aplikasi multi user.

Admin: sebagai aplikasi pengendali menjadi sama penting karena admin dapat mengisi (menambah, mengedit dan Hapus) data karyawan di apikasi ini. Admin dapat menambah dan menghapus operator.

Tapi secara umum admin itu adalah user yang memiliki hak akses untuk melakukan create,read,update,delete,execution, menciptakan user lainnya dan memberikan hak akses kepada user tertentu.

namun ada beberapa aplikasi membedakan admin dan superadministrator. Dimana admin tidak berhak menghapus user admin yang lainnya. Sedangkan superadministrator berhak melakukan semua yang bisa dilakukan oleh user,admin dan dapat menghapus user,admn yang lain.

operator: seorang operator tidak dituntut untuk menguasai … dibahas secara umum Operator digunakan untuk melakukan suatu operasi atau menggunakan suatu system. memiliki hak akses untuk modul transaksi saja, sedangkan modul laporan, pemeliharaan data dan master item tidak bisa diakses. .

Berikut ini perbedaan tingkat (level) Pengguna Administrator dengan Tingkat (Level) Pengguna Operator pada Software Accurate Online :

  1. Tingkat (Level ) Operator : Pengguna dengan tingkat ini, akses ke database bisa dibatasi oleh pengguna dengan tingkat Administrator. Akses yang dibatasi terdiri dari 2 (dua) yaitu pembatasan akses ke database dan pembatasan melakukan proses penginputan transaksi di database.
    Pengaturan pembatasan akses ke database dilakukan melalui menu Pengaturan | Preferensi | Pembatasan (Klik Disini untuk panduannya). Sedangkan pembatasan akses untuk proses penginputan transaksi dilakukan melalui menu Pengaturan | Akses Grup (klik Disini untuk panduannya)
  2. Tingkat (Level) Administrator : Pengguna dengan tingkat ini, memiliki hak akses penuh atas database maupun penginputan transaksi. Serta memiliki kewenangan untuk mengatur pembatasan akses pada pengguna tingkat Operator dan pengguna dengan tingkat ini, tidak dapat dibatasi akses-nya ke database. Sehingga pengaturan pembatasan Hak Akses pada menu Pengaturan | Akses Grup tidak berlaku untuk pengguna pada tingkat (level) ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *