Mengenal Segmenting Targeting Positioning (STP) Marketing

STP atau Segmentation Targeting Positioning adalah salah satu pendekatan atau model yang digunakan untuk mengembangkan pesan dan strategi pemasaran  yang sesuai pada segmentasi target audiens tertentu. 

Model pemasaran ini dikenal sebagai salah satu yang paling efektif dan populer digunakan hingga saat ini. Agar kamu lebih mengenal apa yang disebut sebagai  STP marketing ini coba perhatikan ulasan berikut. 

Pengertian dan kelebihan Segmenting Targeting Position


Pada dasarnya STP marketing atau Segmenting Targeting Positionadalah salah satu model pemasaran yang penerapannya melibatkan tiga tahapan yaitu melakukan segmentasi pasar, menargetkan segmen yang diyakini paling menguntungkan dan memposisikan produk yang dijual dengan cara yang paling bernilai. 

Fokus utama dalam model pemasaran STP ini adalah pada pendekatan audiens, bukan produk. Model ini berfokus pada pemilihan segmen yang paling bernilai bagi bisnis pada saat merancang  strategi pemasaran produk agar penyampaian pesan lebih relevan di setiap segmen audiens tersebut.

STP marketing sendiri merupakan pendekatan atau model yang populer diterapkan banyak perusahaan dalam merancang strategi pemasaran. Beberapa kelebihan dari model Segmentation Targeting Positioningadalah:

  • Mengarahkan dan memberi fokus pada strategi pemasaran seperti dalam penerapan targeted advertising, pengembangan produk baru atau diferensiasi brand dengan mengalokasikan sumber daya untuk segmentasi target. 
  • Mengidentifikasi peluang pertumbuhan pasar dengan melihat pelanggan baru dan penggunaan produk
  • Mencocokan sumber daya perusahaan yang efektif dan efisien untuk menargetkan segmen pasar yang menjanjikan return on marketing investment yang lebih besar
  • Meningkatkan posisi perusahaan menjadi lebih kompetitif

 Terapkan Strategi STP Marketing Sekarang Juga!

Setelah membaca artikel ini, pasti Anda mulai sadar betapa pentingnya STP Marketing, bukan? Memang Anda harus mengeluarkan tenaga lebih dan waktu yang tak sedikit untuk riset mendalam. 

Namun, STP ini bisa menjadi investasi jangka panjang Anda untuk menjadi pemenang di segmen pasar yang dipilih. Tak peduli apakah Anda mempunyai bisnis online atau offline sekalipun.

Nah, untuk mempercepat dominasi Anda di pasar, kami sarankan untuk menerapkan strategi Digital Marketing. Sebab, di zaman sekarang, internet sudah menjadi aspek tak terpisahkan dari kehidupan manusia. 

Jadi, jika Anda bisa memanfaatkan internet dengan tepat, kesuksesan bisnis bukanlah angan-angan belaka. Anda bisa mendownload ebook gratis Digital Marketing di bawah ini:

Kami harap artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa juga untuk klik tombol subscribe agar mendapatkan tips bisnis seperti ini langsung ke email Anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Kebutuhan akan digital IT sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari, Bead IT Consultant merupakan pilihan tepat sebagai partner anda,kunjungi website kami dengan klik link ini : www.beadgrup.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *