Marketing Plan

Marketing Plan atau rencana pemasaran adalah bentuk dari proses manajemen yang mengarah ke strategi pemasaran di mana tujuan utamanya adalah untuk mencapai tujuan pemasaran, sehingga rencana pemasaran dilaksanakan dalam serangkaian langkah, proses sistematis dan keputusan koordinasi dibuat.

Istilah rencana pemasaran mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pelaku bisnis. Ini karena keahlian dalam mengembangkan rencana pemasaran sangat penting untuk keberhasilan tujuan bisnis yang menghasilkan laba paling besar.

Perusahaan yang dapat menerapkan perencanaan pemasaran yang baik dan strategis dapat menghasilkan laba yang efektif dan efisien. Ini termasuk rencana pemasaran dalam perekonomian, seperti mengumpulkan informasi, menyebarkan informasi, strategi periklanan, dan mengoordinasikan pemasaran. Semua komponen ini juga merupakan bentuk taktik bisnis untuk menggunakan sumber daya seefektif mungkin.

Pengertian Marketing Plan Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami apa itu marketing plan, Mari kita merujuk kepada ahlinya. Diantaranya adalah:

1. Kurowski dan Sussman

Menurut Kurowski & Sussman “sebuah dokumen yang terdiri dari analisis situasi pemasaran saat ini dalam bentuk analisis peluang dan risiko, tujuan pemasaran, strategi pemasaran, kemudian program aksi dan juga pendapatan yang diperkirakan / proforma”.

2. Malcom McDonald

Memahami marketing plan sebagai proses manajemen yang mengarah ke rencana pemasaran.
Rencana tersebut adalah urutan logis dan serangkaian kegiatan yang mengarah pada definisi tujuan pemasaran dan pembuatan rencana untuk mencapai tujuan.

Sekilas Tentang Marketing Plan

Seperti disebutkan sebelumnya, Marketing Plan adalah suatu bentuk perencanaan yang berkaitan dengan bagaimana perusahaan akan mengoperasikan pemasaran. Marketing Plan umumnya membantu dalam menentukan bagaimana perusahaan dapat mempraktikkan strategi pemasaran.

Topik utama dari Marketing Plan adalah departemen sumber daya manusia perusahaan. Ini karena Marketing Plan berperan dalam menentukan dan memastikan bagaimana sumber daya manusia perusahaan dapat melakukan apa yang direncanakan. Untuk membangun pemasaran yang efektif, Anda harus menetapkan tujuan yang jelas untuk mencapai sasaran strategis jangka panjang bisnis Anda.

Misalnya, jika Anda memiliki target pelanggan tertentu, rencana pemasaran harus mengarah ke tujuan itu. Marketing Plan juga mencakup masa tenggang dan persetujuan atas anggaran pemasaran untuk diprioritaskan

Kebutuhan akan digital IT sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari, Bead IT Consultant merupakan pilihan tepat sebagai partner anda,kunjungi website kami dengan klik link ini : www.beadgrup.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *