BEBERAPA CONTOH DESAIN UI DISEKITAR KITA

  • Mouse

Mouse pada perangkat komputer yang sering kamu gunakan untuk menggerakan cursor. Sebelum lahirnya mouse, pengguna komputer harus menggunakan keyboard untuk menjalankan suatu program atau melakukan aktifitas tertentu di komputer. Namun itu semua berubah saat Douglas Engelbart dari SRI International menyatukan shell kayu, papan sirkuit, beberapa roda logam dan beberapa kabel untuk membuat mouse agar berinteraksi dengan komputer hanya perlu menggerakan mouse dan mengkliknya.

  • Voice Based Search Interface

Di masing-masing perangkat elektronik mayoritas pasti memiliki Google Assistant seperti Google Voice Search yang dapat dengan mudah memberikan hasil apa yang kalian mau di search engine berdasarkan suara. Seiring berjalannya waktu, User interface jenis ini mengalami perkembangan pesat. Dimana mereka dapat mempercepat proses kompleks, memberi hasil pencarian yang relevan

  •  Click Wheel Pada ipod

Click Wheel menggabungkan fungsi yang sangat tajam dengan kesederhanaan sentuhan dan cara yang membangkitkan minat pendengar musik portabel. Dijaman sekarang mungkin banyak generasi yang tidak mengenal perangkat ajaib ini. Tapi pada masanya dulu, hampir semua anak muda ingin memiliki benda ini.

  •  ATM

Interface pada mesin ATM memudahkan penggunanya dalam hal menarik serta menyetor uang tunai mereka. User hanya perlu memasukan kartu ATM, memasukan PIN nya, dan nantinya akan muncul yang opsi yang bisa usernya pilih sesuka hati.

  •  Electronic Tolling(E-Toll)

Pemilik kendaraan bermotor pasti sudah sangat akrab dengan benda yang satu ini. Electronic Tolling Collection atau lebih dikenal dengan E-Toll merupakan desain user interface yang memudahkan kendaraan untuk memasuki gerbang Tol . E-Tolling adalah inovasi canggih dalam bidang transportasi yang berfungsi untuk mengurangi kemacetan yang mungkin terjadi di gerbang Toll. Kecepatan dan efisiensi mesin tersebut bisa mempercepat proses keluar masuk pintu tol dengan kesalahan minimum.

  •  GPS

Device GPS biasanya dipasang di dashboard mobil, atau di smartphone. Dulu GPS hanya boleh digunakan Militer, Namun kini hampir semua orang bisa menggunakan perangkat ajaib ini. Kamu pun pasti sudah paham, dengan GPS kita dapat dengan mudah melihat jalur yang lancar, menemukan lokasi tertentu, atau mencari lokasi restoran terdekat.

  •  Gesture Recognition

Saat ini, penggunaan Gesture Recognition atau interaksi manusia dengan komputer berbasis gerakan yang paling luas dan dikenal adalah dalam bermain game(Virtual Reality). Tetapi tidak hanya itu saja, Gesture recognition kemungkinan akan diaplikasikan pada OS PC maupun laptop di masa depan.

  •  Virtual Reality (VR)

Virtual reality adalah sebuah teknologi yang membuat pengguna atau user dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, sehingga pengguna merasa berada di dalam lingkungan tersebut.

Virtual reality bekerja dengan memanipulasi otak manusia sehingga seolah-olah merasakan berbagai hal yang virtual terasa seperti hal yang nyata.

Kebutuhan akan digital IT sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari, Bead IT Consultant merupakan pilihan tepat sebagai partner anda,kunjungi website kami dengan klik link ini : www.beadgrup.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *