WEB SERVICES

Apa itu web services? Mungkin terdengar agak asing ditelinga kalian semua. Apa dari kalian ada yang sudah tau, tapi masih sedikit. Kalau begitu mari simak peenjelasan dibawah ini.

Pengertian

            Web service merupakan aplikasi yang berisi sekumpulan basis data (database) dan perangkat lunak (software) atau bagian dari program perangkat lunak yang diakses secara remote oleh piranti dengan perantara tertentu. Melalui web service, memungkinkan pengguna untuk mengatasi permasalahan berupa interoperability dan mengintegrasikan sistem berbeda. Pada umumnya, web service memiliki ciri khusus berupa URL layaknya web. Yang membuat berbeda adalah interaksi yang diberikan oleh web service itu sendiri. URL pada web service hanya mengandung sekumpulan informasi, perintah, dan konfigurasi (sintaks yang berguna untuk membangun fungsi tertentu dari aplikasi).

            Web service mampu menukar data tanpa memandang sumber database, bahasa yang digunakan, dan pada platform apa data tersebut dikonsumsi. Kemampuan itulah yang memungkinkan web service menjadi jembatan penghubung untuk berbagai sistem.

Manfaat :

Interoperabilitas

Web service memberikan layanan berupa koneksi antar aplikasi untuk berbicara, serta berbagi data dan layanan. Aplikasi lain bisa menggunakan layanan web, seperti VB atau .NET yang dapat berbicara ke layanan web Java dan sebaliknya. Sistem ini biasa digunakan untuk membuat sebuah platform aplikasi dan teknologi independen.

Protokol Standar

Web service adalah sebuah layanan web yang memiliki standar industri dan komunikasi. Layanan transportasi, pesan XML, Deskripsi Layanan, dan Service Discovery Layer telah menggunakan protokol yang didefinisikan dengan baik oleh protocol stack layanan web. Standarisasi protocol stack sendiri memberikan keuntungan seperti pengurangan biaya karena kompetisi dan meningkatkan kualitas suatu bisnis.

Komunikasi Biaya Rendah

Web services yang menggunakan mekanisme SOAP pada protokolnya di HTTP, akan memberikan efek penggunaan internet murah. Selain SOAP, web services juga bisa diterapkan pada mekanisme reliable transport seperti FTP.

Memperlihatkan Fungsi pada Jaringan

Web service memungkinkan unit kode yang terkelola dapat digunakan secara remote dalam pemanggilan HTTP. Sistem tersebut dapat diaktifkan dengan melakukan request melalui HTTP. Web services juga memungkinkan pengguna untuk mengekspos suatu kode yang ada melalui jaringan.

Kebutuhan akan digital IT sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari, Bead IT Consultant merupakan pilihan tepat sebagai partner anda,kunjungi website kami dengan klik link ini : www.beadgrup.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *