TIPE-TIPE INTERAKSI DENGAN USER DALAM UI

Sebelumnya apakah kalian sudah mengetahui apa itu UI atau User Interface ? Antarmuka pengguna (User Interface) adalah titik hubungan antara manusia dengan komputer dan melakukan komunikasi dalam suatu perangkat, mencakup layar tampilan, keyboard, mouse, dan tampilan desktop. Antarmuka pengguna memungkinkan pengguna untuk secara efektif mengontrol komputer atau perangkat yang berinteraksi dengan mereka.

Tipe-tipe interaksi dengan user dalam UI :

  1. Direct manipulation

pengoperasian secara langsung : interaksi langsung dengan objek pada layer sehingga aktivitas akan dikerjakan oleh komputer ketika pengguna memberikan instruksi langsung yang ada pada layar computer

Kelebihan :
– Penggunaan lebih menyenangkan sehingga meningkatkan kepuasan user dan memberikan User Experience yang baik.

Kekurangan :
– Interface tipe ini rumit dan memerlukan banyak fasilitas pada sistem komputer, cocok untuk penggambaran secara visual untuk satu operasi atau objek.

  • Menu Selection
    Tipe menu selection memberikan beberapa pilihan kepada user berbentuk daftar menu yang isinya adalah perintah kepada komputer sesuai dengan menu yang terdaftar, nama perintah yang dijalankan harus sesuai dengan nama pilihan menu. Kelebihan :
    – Minimalisir pengetikan sehingga meminimalisir tingkat kesalahan pula.

Kekurangan :
– Tidak ada logika AND atau OR.
– Perlu ada struktur menu jika banyak pilihan.

  • Form fill-in – (pengisian form)
    Cara sebuah sistem untuk meminta data atau informasi dari user dengan member petunjuk kepada user untuk mengisi area area dan melengkapi data pada kategori dan bagian bagian yang telah disediakan oleh form.

Kelebihan :
-Masukan data/input yang sederhana.
-Mudah dipelajari oleh user untuk mengurangi kesalah pahaman.

Kekurangan :
– Memerlukan banyak tempat di layer karena beragamnya data yang harus diisi dalam form.
– Harus menyesuaikan dengan form manual dan kebiasaan user untuk mendapatkan data yang objektif.

  • Command language
    Menuliskan perintah yang sudah ditentukan pada program. Command language merupakan interaksi manusia dan komputer yang tradisional dan orisinil, dapat dikatakan orisinil adalah karena semua interaksi melalui menu, form dan direct semuanya akan berujung dengan penggunaan Bahasa command language (mengklik suatu menu berarti menjalankan command language untuk perintah menu tersebut ).

Kelebihan:
– Flexible, User Controlled, User dapat melakukan apa saja sesuai dengan keinginannya keinginannya.
Kekurangan:
– Assumes Typing Skill. Keterampilan user dalam mengetik pada komputer juga sangat mempengaruhi efisiensi dialgo/interaksi menggunakan Command Language.

  • Natural language
    Program yang dapat menerima perintah menggunakan natural language dapat disebut sebagai artificial intelligence

Kelebihan :
– Pengguna memberikan instruksi-instruksi dalam Natural Language/Bahasa percakapan yang lebih umum sifatnya . Pemberian perintah dengan menggunakan pengenalan tutur atau pengetikan bahasa alami lewat keyboard dapat mempermudah penggunaan.

Kekurangan :
– Natural language tersebut memiliki lebih dari satu arti, sulit dalam perancangannya dan tidak efisien.

Kebutuhan akan digital IT sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari, Bead IT Consultant merupakan pilihan tepat sebagai partner anda,kunjungi website kami dengan klik link ini : www.beadgrup.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *