SSH (Secure Shell)

Salah satu tanda kemajuan teknologi adalah munculnya perangkat yang membuat penggunanya mampu mengontrol sebuah perangkat dari jarak yang sangat jauh bahkan hingga terpisah oleh suatu benua. SSH adalah sistem yang memungkinkan para penggunanya untuk melakukan hal tersebut, atau seringkali disebut dengan remote server.

Secure Shell atau juga disebut dengan FTP atau File Transfer Protocol merupakan sebuah jaringan yang terdapat pada TCP atau IP Layer.

Sistem ini dapat dikatakan sama seperti telnet karena menyediakan pengguna dengan shell untuk dapat melakukan remote ke perangkat atau sebuah mesin.

Secure Shell Server

Inilah Fungsi, Cara Kerja, dan Manfaat SSH (Secure Shell)

Inilah Fungsi, Cara Kerja, dan Manfaat SSH (Secure Shell)

SSH server adalah suatu protokol atau jalur masuk aman dengan menggunakan file yang dikirim dari jaringan unix system. Semua alur jalannya jaringan dirahasiakan hanya dapat membaca satu jaringan dan juga tidak dapat menangkap password.

Sistem ini disebut sebagai kemajuan teknologi yang besar ketimbang telnet dan FTP protokol.

Sistem ini juga menyediakan koneksi dengan enskripsi antara para pengguna dengan server yang dipakai, dalam proses pemaiakannya SSH menggunakan telnet.

Perbedaan akan terlihat ketika Anda mengakses website biasa dengan website yang lebih aman yakni HTTPS.

Sesuai dengan namanya yakni koneksi Shell yang aman, SSH adalah singkatan dari Secure Shell Connection. Berbeda dengan Telnet dan FTP, koneksi yang dilakikan jaringan SSH telah lebih dienkripsi menggunakan beberapa teknologi.

Baca juga: SSH Error Buat Masalah

Diantaranya, enkripsi simetris, enkripsi asimetris dan juga hashing, ketiga teknologi ini merupakan bagian dari teknik kriptografi.

Keuntungan dari menggunakan teknik ini adalah menjamin koneksi yang terhubung telah terenkripsi.

Apa Itu SSH?

SSH adalah jaringan koneksi yang aman, jika Anda menggunakan jaringan ini maka akan memiliki pilihan untuk  dalam melakukan autentikasi dari pengguna remote sebelum terkoneksi jaringan.

Sistem ini juga mampu mengirimkan input dari SSH client kepada host atau server pusat, lalu mengirim kembali hasil ke server client.

Ketika melakukan koneksi SSH ke salah satu alamat IP server, Anda dapat mengubah pengaturan yang terdapat di dalam server sesuai dengan pengguna yang tengah dipakai.

Selain terkoneksi dengan jaringan OSX, Anda juga dapat melakukan koneksi kepada sistem operasi lain, seperti Windows dan Linux.

Baca juga: Mengenal CloudLinux & Cara Kerjanya

Pengertian SSH bisa diartikan sebagai perangkat atau sistem yang memudahkan Anda dalam mengelola server, kemudahan yang didapat adalah Anda tidak perlu datang ke lokasi server berada.

Selain itu, sistem ini juga dapat diaplikasikan untuk mengatur dan mengelola kompuer atau perangkat desktop lain yang terdapat pada jaringan sama.

Kebutuhan akan digital IT sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari, Bead IT Consultant merupakan pilihan tepat sebagai partner anda,kunjungi website kami dengan klik link ini : www.beadgrup.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *