SME (Sustainable Marketing Enterprise)

Konsep kerangka kerja SME memberikan pandangan tentang konsep pemasaran dalam ekonomi Islam syariah. Sustainable Loop dari David Hurst dari bukunya Crisis and Renewal,dikutip oleh Syakir Sula yang menggambarkan fase-fase kehidupan perusahaan dalam perjalanan hidup layaknya manusia.

–         Sustainable = perusahaan yang mampu bertahan dan sukses, tidak hanya     pada saat ini tetapi juga pada masa yang akan datang

–         Marketing (Pemasaran) = sebuah disiplin  bisnis strategis yang mengarakan proses penciptaan, penawaran dan perubahan value dari suatu inisiator kepada stakeholdersnya.

–         Enterprise = sebagai komponen-komponen inspirasi, kultur dan institusi dari sebuah perusahaan.Ketiga komponen ini saling berhubungan dan harus berjalan secara terintegrasi .

1). Enterprise (Perusahaan  atau Lembaga Keuangan Syariah)

Perjalanan hidup Perusahaan hampir sama dengan manusia,bedanya Cuma pada Perusahaan diciptakan oleh manusia, Sedangkan  manusia diciptakan oleh Tuhan.

  1. Prinsip-prinsip syariah marketing yang menyangkut Enterprise menurut Syakir Sula, yaitu

1). Create anable cause ( inspiration)

2). Develop and ethical corporate culture (culture)

3). Measurement must be clear and transparent (institution) 

Komponen-komponen sebuah perusahaan adalah inspirasi, kultur dan institusi. Ketiga komponen ini saling berhubungan dan harus berjalan secara terintegrasi. 

– Inspirasi merupakan otak sebagai sumber ide–à menyangkut sebuah mimpi (dream)

– budaya merupakan hati yang akan membentuk sikap dan perilaku, menyangkut kepribadian (personality)

– Institusi adalah tangan dan kaki kita dalam menjalankan aktivitas sehari-hari-àmenyangkut aktivitas

Untuk menjadi perusahaan berbasis syariah, budaya perusahaan harus berdasarkan nilai-nilai Islami. Institusinya harus mengimplementasikan prinsip-prinsip syariah, value atau nilai-nilai Islami ini yang memegang peranan penting untuk membentuk kepribadian suatu institusib. Ciri-ciri lembaga keuangan atau perusahaan yang baik

  • Lembaga keuangan atau perusahaan yang baik sesuai rukun syariah menurut  Muhammad Syafii Antonio dalam Kata Pengantar buku Hermawan Kartajaya dan M. Syakir Sula, Syariah Marketing (2006 : xvi) 

mempunyai cirri-ciri sebagai berikut :

–         Inovasi

–         Efisiensi

–         Servis

–         Rensposibility

  • Inovasi :

merupakan ruh dari marketing karena setiap pemain pasar terbuka harus memiliki suatu keunggulan yang membedakan dari pemain pasar lainnya, baik dalam bentuk produk, layanan atau nilai tambah lainnya.

  • . Efisiensi

– Perusahaan atau lembaga keuangan bergerak untuk mencapai target market secara efisien memiliki 3 elemen : segmentation, targeting dan positioning

– Suatu kejelian membidik pasar yang cocok dengan produk dan layanan yang dimiliki, kita dapat melakukan efisiensi  dalam pemasaran

–  Bila kita mampu menyuguhkan produk kita untuk nasabah yang benar-benar membutuhkan sesuai dengan preferensi , daya beli, umum, situasi dan jelnis kelamin.

  • Servis

              Perusahaan itu adalah pelayan bagi pelanggannya. Pelayanan harus dialakukan dengan penuh ketulusan dan keihlasan. Di dalam Islam seorang yang memberikan pelayanan yang baik kepada saudaranya akan mendapatkan dua keuntungan yaitu keuntungan komersial di dunia dan keuntungan pahala diakhirat..

  • . Rensposibility

              Rensposibiliti yang transendental berarti pertanggungjawaban kita ketika hidup dan sesudahnya. Sekalipun marketer telah mampu membuat senyum pelanggan, tetapi tindakannya membuat Tuhan marah, maka ia telah gagal memasarkan produk,misalnya kita telah mampu membuat sekelompok pria terpuaskan, tetapi strategi pemasarannya menurukan derajat perempuan (dengan mengumbar lekuk dan keindahan tubuhnya), maka iapun telah gagal memasarkan..

Kebutuhan akan digital IT sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari, Bead IT Consultant merupakan pilihan tepat sebagai partner anda,kunjungi website kami dengan klik link ini : www.beadgrup.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *