Skills yang dibutuhkan oleh marketing

Hard skills yang dibutuhkan oleh seorang marketer

Sebagai seorang pencari kerja, kamu perlu memiliki beberapa skill berikut agar dilirik oleh perusahaan:

  • Kemampuan Analisis

Seseorang yang dapat menerjemahkan data menjadi suatu strategi tentu sangat dibutuhkan.

  • Menciptakan Konten

Kamu perlu strategi untuk dapat menciptakan konten yang menarik. Perusahaan mencari seseorang yang dapat menjelaskan suatu tujuan dengan baik, menggunakan SEO dan membuat suatu detail cerita sebaik mungkin.

  • Media Sosial

Media sosial tidak hanya penting untuk membangun citra suatu produk, namun juga sebagai wadah di mana pelanggan dapat berinteraksi dengan perusahaan.

  • E-Commerce

Sistem perdagangan digital sudah melampaui perdagangan tradisional. Maka dari itu, keduanya perlu saling terkoneksi dengan baik.

Seorang marketer harus dapat menggunakan keinginan pelanggan, iklan, media sosial, dan segala platform lainnya untuk dapat menggali lebih dalam tentang sistem penjualan terbaik sehingga bisa menambah kas perusahaan.

  • Video Marketing 

Video merupakan saluran marketing yang paling berkembang dan diprediksi akan terus populer hingga 2020 nanti. Hal ini telah dibuktikan lewat beberapa data statistik di sepanjang 2019 lalu.

Sebanyak 84 persen marketer mengaku video telah membantu meningkatkan traffic ke situs mereka. Sementara 69% orang mengaku suka belajar mengenai produk dan layanan dengan menonton video pendek.

  • SEO dan SEM 

Search Engine Marketing (SEM) adalah bentuk pemasaran di internet dengan cara meningkatkan visibilitas situs di halaman pencarian. Ini dapat mencakup menggunakan iklan berbayar atau organik. 

Sementara Search Engine Optimization (SEO) adalah proses optimasi segala aspek di dalam situs agar memiliki peringkat baik di mesin pencarian.

Soft skills yang dibutuhkan oleh seorang marketer

Tak hanya hard skill, saat melamar posisi di divisi marketing, soft skill berikut juga perlu kamu miliki:

  • Kreatif

Marketing bisa menjelajahi segala bidang. Maka dari itu, seorang marketer perlu menjadi seorang yang kreatif agar dapat memberi ide-ide segar dalam promosinya. Ide tersebut yang akan digunakan sebagai solusi bagi pelanggan maupun perusahaan.

  • Kemampuan beradaptasi

Selain memiliki pemikiran kreatif, seorang marketer juga perlu memiliki kemampuan untuk mudah beradaptasi. Sehingga kamu dapat mudah beradaptasi dengan tantangan baru, begitu pula dengan rencana baru. Tentunya, dengan semangat dan tekad yang selalu kuat.

  • Kemampuan berkomunikasi

Kemampuan ini dapat memperlancar komunikasimu dengan pengguna atau audience. Karena selain bertugas membangun citra perusahaan, kamu juga berperan dalam menjembatani pengguna dengan perusahaan.

  • Jiwa kepemimpinan

Memimpin bukan hanya soal menjadi bos. Seorang marketer juga perlu menjadi panduan bagi rekan kerja baik itu tentang nasihat maupun inovasi. Mulai dari menginspirasi rekan-rekan kerjanya, ia pun diharapkan dapat menjadi petunjuk untuk para pelanggan nantinya.

  • Empati 

Empati menjadi salah satu soft skill yang dibutuhkan para marketer andal. Pasalnya, dengan menempatkan diri pada posisi pelanggan dan melihat dari sudut pandang mereka akan banyak membantu marketer dalam memahami kebutuhan pelanggan dan menciptakan strategi pemasaran yang bermakna. 

Kebutuhan akan digital IT sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari, Bead IT Consultant merupakan pilihan tepat sebagai partner anda,kunjungi website kami dengan klik link ini : www.beadgrup.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *