Perbedaan UI Designer dan UX Designer

Menjadi seorang UI Designer dan UX Designer tidak mudah, karena harus mengetahui dan mencocokan tampilan yang ada di aplikasi dengan produk tersebut. Kedua profesi tersebut saling melengkapi satu sama lain. Meskipun profesi ini tergolong sulit, tetapi gaji yang ditawarkan cukup menjanjikan.

Tapi sebelum itu Apasih UI Desaigner dan UX Desainer itu? Mari kita simak di Pembahasan berikut ini.

Apa Itu UI Designer dan UX Designer?

UI atau User Interface Designer adalah suatu profesi yang menggunakan komunikasi dari pengguna (user) dengan sistem pada sebuah program, mulai dari aplikasi website, mobile ataupun software. Seorang UI Designer akan membuat desain yang memudahkan pengguna programnya. Adapun mekanisme seorang UI Designer mencakup beberapa hal, seperti tampilan fisik, warna, animasi, pola.

Terus apa sih UX Designer itu? User Experience Design atau UX Designer yaitu profesi dimana meningkatkan sebuah kepuasan pengguna aplikasi/ pengunjung website untuk tetap meningkatkan kegunaan/kesenangan dalam berinteraksi pengguna dan produk tersebut.

Perbedaan UI Designer dan UX Designer

Setelah mengetahui definisi dari UI Designer dan UX Designer maka selanjutnya anda wajib mengetahui perbedaan dari UI Designer dan UX Designer karena keduanya memiliki perbedaan dalam segi pekerjaanya. Yuk, simak penjelasannya berikut ini :

  1. Segi Design

UI Designer merupakan desain antarmuka yang lebih memfokuskan pada keindahan tampilan. Menciptakan ikatan emosional melalui desain. Sedangkan UX Designer mengatasi masalah-masalah antara pengguna dan produk.

  1. Segi Fungsi

Fungsi UI Designer membuat desain website/aplikasi menjadi lebih indah dan menarik. Sedangkan UX Designer meningkatkan kepuasan pengguna website atau aplikasi dan kegunaan yang diberikan pengguna website dan aplikasi.

  1. Sistem Gaji

Bahkan, Tidak jarang gaji yang ditawarkan untuk profesi UI Designer dan UX Designer ini biasanya berkisar Rp8.000.000-10.000.000 tergantung kita memilih perusahaan mana dan kesulitan dalam menjalankan profesi. Apabila berminat untuk UI Designer ada banyak skill yang harus dipelajari dan tentunya tidak mudah.

Syarat menjadi UX Designer

Sekarang sudah tahu, kan kalau menjadi UI Designer itu sulit. Menjadi UX Designer Professional juga tidak gampang, Kawan. Selain syarat-syaratnya yang rumit, tanggung jawabnya cukup besar juga. Syarat-syarat menjadi UX Designer yaitu:

  1. Memiliki Kemampuan inti yang mencakup hal berikut seperti: teknik penelitian, etnografi, penemuan, permodelan pengguna, bisa mendesain produk, desain interaksi antara pengguna dan produk, desain antarmuka, arsitektur informasi dan desain informasi
  2. Memiliki kemampuan bisnis mencakup hal seperti: manajemen proyek, waktu, pemangku kepentingan klien.
  3. Mampun berkomunikasi dengan baik mencakup hal berikut: retorika dan penulisan persuasive, menulis menggunakan metode ekspositori, penulisan teknis, berbicara dan presentasi di depan umum, dan visual.
  4. Kemampuan Interpersonal mencakup seperti: mediasi dan fasilitasi, mendengar aktif, wawancara dan observasi, membangun tim dan kolaborasi.

Kebutuhan akan digital IT sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari, Bead IT Consultant merupakan pilihan tepat sebagai partner anda,kunjungi website kami dengan klik link ini : www.beadgrup.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *