Peran Marketing dalam Menentukan Kesuksesan Produk

Marketing adalah ujung tombak dari suatu perusahaan. Serta akan menentukan kesuksesan dari suatu produk yang diluncurkan ke pasar. Sehingga, ada beberapa peran yang harus dilakukan dengan baik, diantaranya:

  1. Membuat perencanaan produk : peran marketing dalam kesuksesan produk adalah dengan merencanakan produk untuk diproduksi, Sehingga, produk mempunyai peluang yang besar untuk dipasarkan secara luas.
  2. Mengindentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen : kualitas produk harus disesuaikan dengan harapan konsumen. Dengan begitu, penjualan akan semakin bertambah.
  3. Melakukan riset di pasar : riset harus dilakukan untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan konsumen dan produk lain yang beredar di pasar.
  4. Melayani konsumen dengan baik : Pelayanan dari perusahaan juga akan menentukan keputusan dari konsumen apakah akan menggunakan produk dan jasa tersebut atau tidak.
  5. Merancang strategi pemasaran : Produk yang berkualitas sekalipun tidak akan sukses jika tidak ada strategi pemasaran yang tepat sasaran. Strategi pemasaran telah dipaparkan pada poin sebelumnya.

Saat ini, persaingan bisnis sangat ketat. Sehingga, pelaku usaha harus benar-benar memutar otak dan melakukan inovasi marketing dengan lebih kreatif. Tentu saja strategi marketing yang harus dijalankan harus sesuai dengan perkembangan zaman.

KESIMPULAN 

Keberhasilan perusahaan sangat dipengaruhi oleh peran marketing, Suatu perusahaan akan berjalan dengan baik jika semua organisasi-organisasi di dalamnya menjalankan tugas dengan maksimal. Dalam hal ini manajer pemasaran berperan penting dalam keberhasilan marketing perusahaan.

Kepuasan pelanggan adalah hasil yang dirasakan pembeli dari kinerja perusahaan yang memenuhi harapan mereka, Pelanggan puas bila mereka dilebihi. Pelanggan yang puas akan setia lebih lama, kurang sensitif pada harga dan memberi komentar baik tentang perusahaan.

Kepuasan pelanggan dapat diukur berbagai cara. Dapat diukur langsung dengan bertanya, responden dapat ditanyai tentang bagaimana harapan mereka akan suatu hal dan bagaimana pengalaman mereka (kekecewaan yang di dapat). Metode lain adalah meminta responden menuliskan masalah mereka dengan penawaran tertentu dan perbaikan yang mereka sarankan, penting juga menanyakan rencana pembelian kembali pelanggan yang biasanya akan tinggi kalau kepuasan pelanggan tinggi.

Dapat juga diukur kemungkinan atau kemauan pelanggan merekomendasikan perusahaan dan merek kepada orang lain. Komentar mulut ke mulut yang baik menunjukkan bahwa perusahaan memuaskan pelanggan.

Satu bahaya adalah bila pelanggan tahu bahwa perusahaan akan berusaha sekuat tenaga untuk memuaskan pelanggan, pelanggan mungkin menyatakan ketidak puasan (walaupun sebenarnya puas) untuk mendapatkan konsesi lebih banyak

Kebutuhan akan digital IT sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari, Bead IT Consultant merupakan pilihan tepat sebagai partner anda,kunjungi website kami dengan klik link ini : www.beadgrup.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *