MENGENAL WINDOWS 11 : SISTEM OPERASI TERBARU DARI MICROSOFT

Perusahaan software asal Amerika Serikat, Microsoft, akhirnya telah meluncurkan secara resmi sistem operasi terbaru mereka, yaitu Windows 11 yang merupakan penerus dari Windows 10.
Microsoft secara resmi mengumumkan Windows 11 pada 24 Juni 2021. Sistem operasi terbaru dari Microsoft ini banyak menerima tuai pujian dari publik karena tempilannya yang lebih elegan dan simpel, tetapi masih mempertahankan konsep modern. Tidak hanya itu Windows 11 juga memberikan banyak fitur baru. Ingin tahu apa saja fitur-fiturnya? Berikut penjelasannya!
Fitur-Fitur Windows 11

  1. Penampilan Antarmuka (UI) Yang Baru
    Perubahan yang paling mencolok dari Windows 11 dapat dilihat dari tampilan antarmukanya. Pada OS terbaru ini, Microsoft telah memindahkan letak icon di bagian taskbar dan menu Start. Menu-menu itu tidak lagi ada kiri, melainkan sudah digeser ke sisi tengah seperti di dock macOS. Sisi kiri pun terlihat bersih. Di sebelah kanan masih ada ikon yang akan menampilkan keterangan seperti jam, koneksi wireless, dan status baterai.
    Windows 11 juga menampilkan visual yang lebih lembut dengan sudut ikon yang membulat, jendela yang memiliki efek transparan serta transisi animasi yang lebih halus. Menurut Microsoft, antarmuka baru Windows 11 dirancang untuk mempermudah akses pengguna, terutama yang memiliki monitor berukuran besar.
  2. Aneka Widget Yang Informatif
    Microsoft turut menghadirkan fitur widget yang mencakup rangkaian aplikasi informatif, seperti kalender, prediksi cuaca, hingga peta. Ada juga widget news feed yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk menampilkan berita sesuai dengan topik ketertarikan pengguna, baik politik internasional, e-sports, berita lokal, dan lain-lain. Rangkaian widget Windows 11 ditempatkan di area transparan yang bisa dimunculkan dari sisi kiri layar dengan menekan sebuah tombol di taskbar.
  3. Snap Layout Baru
    Kehadiran fitur snap layout akan membantu pengguna yang terbiasa bekerja dengan membuka beberapa jendela aplikasi sekaligus untuk multi-tasking. Snap Layout di Windows 11 menghadirkan sejumlah posi penyusunan yang baru, seperti meletakkan tiga jendela aplikasi secara berdampingan, satu jendela besar dengan dua jendela berukuran lebih kecil di sampingnya, dan banyak lagi.
  4. Kinerjs Lebih Tinggi
    Selain tampilannya yang lebih modern, kinerja Windows 11 pun juga lebih kencang, baik dalam hal bangun dari kondisi sleep, login Windows Hello, hingga browsing. Update Windows yang berjalan di latar belakang juga dijanjikan berukuran 40 persen lebih kecil. Khusus untuk gaming, Microsoft mengumumkan fitur baru bernama Direct Storage yang memungkinkan game mengunggah aset-asetnya secara langsung ke kartu grafis, sehingga bisa mempersingkat waktu loading dan rendering.
  5. Game Otomatis Disulap Jadi HDR
    Masih seputar game, Windows 11 nantinya dapat menyulap game non-HDR dengan mengubah warna dan pencahayaannya sehingga menyerupai game dengan grafis HDR. Fitur HDR otomatis ini sudah beberapa lama hadir di konsol Xbox sehingga penerapannya di Windows 11 tidak mengherankan.
    Microsoft menjanjikan auto HDR akan diterapkan di lebih dari 1.000 judul game, termasuk Age of Empires Definitive Edition, Rocket League, Day Z, dan Doom 64.
  6. Bisa Jalankan Aplikasi Android
    Ini adalah salah satu fitur paling menarik di Windows 11, yakni kemampuan menjalankan aplikasi-aplikasi Android melalui compiler “Intel Bridge” yang kompatibel dengan prosesor dari AMD maupun Intel. Aplikasi-aplikasi Android itu tidak terintegrasi dengan Microsoft Store, melainkan harus diunduh dari Amazon Appstore. Dari sana pengguna bisa menjalankannya dari taskbar atau menu Start. Jendela apliaksi Android bahkan bisa di-snap seperti layaknya aplikasi Windows.
  7. Model Tablet Baru
    Windows 11 menghadirkan pengalaman baru untuk pengguna tablet. Begitu perangkat laptop 2-in-1 diubah menjadi tablet, misalnya dengan mencopot keyboard, tampilan antarmuka Windows 11 otomatis akan ikut berubah. Deretan ikon menjadi berukuran lebih besar dengan jarak yang lebih lebar agar lebih mudah disentuh. Proses resize atau memindahkan jendela-jendela aplkasi pun dibuat jadi lebih gampang dengan animasi baru. WIndows 11 turut menambahkan gestur navigasi baru untuk perangkat layar sentuh, seperti sapuan dengan tiga jari ke arah samping untuk snap jendela, dan ke arah bawah untuk minimize.
    Spesifikasi Minimum Untuk Install Windows 11
    Berikut syarat spek minimum untuk Windows 11
    • Minimal memiliki RAM 4GB
    • Minimal memiliki storage 64GB
    • Prosesor minimal berkecepatan 1 GHz
    • Kartu grafis yang kompatibel dengan DirectX12 dan Windows Display Driver Model (WWDM) 2.0
    • Layar komputer minimal seluas (diagonal) 9 inci dan mendukung resolusi minimal 720p.
    Windows 11 juga memerlukan Trusted Platform Module atau TPM 2.0. TPM berbentuk chip yang terpasang di motherboard untuk mengamankan enkripsi dan mengamankan hardware dari serangan siber maupun booting.
    Jika tidak ada, konsumen bisa membeli TPM secara terpisah. Namun biasanya TPM otomatis tersedia di chipset Intel maupun AMD yang dirilis dalam lima atau tujuh tahun terakhir.
    Intel dan AMD sudah menambahkan teknologi TPM ke produk-produk yang dirilis sejak 2013 lalu. Teknologi ini rata-rata sudah mendukung TMP 2.0.
    Di Intel, teknologi ini biasanya dinamai Intel Platform Trust Technology (Intel PTT). Sementara AMD menamainya AMD Platform Security Processor (AMD PSP fTPM)
    Untuk mengecek apakah laptop atau komputer kamu sudah mendukung TPM 2.0, hanya perlu ketik tpm.msc di kolom pencarian Windows 10 atau ketik di shortcut Windows+R. Pengguna akan diarahkan ke TPM Management on Local Computer. Jika statusnya tertulis “The TPM is ready for use”, maka perangkat bisa menginstal Windows 11.

Kebutuhan akan digital IT sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari, Bead IT Consultant merupakan pilihan tepat sebagai partner anda,kunjungi website kami dengan klik link ini : www.beadgrup.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *