Mengenal apa itu Framework dan Juga Fungsinya

Apa Itu Framework

Sesuai dengan namanya framework adalah kerangka kerja yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi berbasis desktop maupun website. Dengan adanya framework developer dengan mudah mengembangkan suatu website karena fungsi dan variable sudah tersedia dalam framework yang digunakan tersebut sehingga hanya perlu menyusun komponen-komponen yang ingin digunakan dan tidak perlu mempogram secara berulang-ulang.

Fungsi Framework

Framework memiliki program dan terstruktur dengan MVC (Model View Controller) sehingga memudahkan developer untuk mengembangkan projectnya. Selain itu ada fungsi framework lain yaitu :

  • Program Menjadi Lebih Terstruktur dan Tersusun

Semakin banyaknya program yang dibuat mak proses debugging akan semakin lambat dan saat mencari error maka akan semakin sulit, dengan adanya framework, hal tersebut menjadi dapat teratasi sehingga dapat menemukan letak error dalam suatu program, bahkan beberapa framework ada yang menggunakan model MVC sehingga dengan mudah memisahkan antara logika dan view.

  • Praktis Untuk Developer

Saat mengembangkan software ataupun web akan lebih praktis apabila menggunakan framework, hanya cukup menuliskan fungsi yang diperlukan maka function dan class sudah tersedia dengan sangat praktis

  • Memiliki Keamanan yang Lebih Unggul

Selama bertahun-tahun, keamanan untuk software dan aplikasi telah menjadi perhatian utama bagi developer. etelah framework hadir, developer boleh sedikit tenang soal keamanan program yang telah dibuat. Karena setiap celah keamanan dari framework sudah diidentifikasi oleh 10-100+ developer ahli.

Jenis Framework

Framework memiliki tiga jenis platform, yaitu Ajax framework, web application framework dan application framework. Dari ketiga platform tersebut memiliki perbedaan penggunaanya. Berikut adalah penjelasan singkat dari ketiga jenis framework :

  • Ajax Framework

Saat ini Ada beberapa jenis Ajax framework yang populer. Nah, disini kami akan memberikan empat contoh Ajax framework. Berikut ini contohnya :

  1. Prototype
  2. Taconite
  3. MooTools
  4. ZK Ajax Framework
  • Web Application Framework

Web Application framework adalah software yang dirancang untuk mendukung pengembangan web application, web services, web resources dan web API.

  1. Ruby on Rails
  2. Django
  3. Angular
  4. Laravel
  5. CodeIgniter
  • Application Framework

Application framework adalah library yang terdiri dari software yang digunakan oleh developer untuk mengembangkan struktur aplikasi.

  1. Ionic
  2. Xamarin
  3. React Native
  4. jQuery Mobile
  5. Sencha Touch

Kesimpulan dan Penutup

        Framework adalah  platform yang sangat tepat untuk membuat website atau aplikasi yang lebih responsive dan menarik dan dengan framework maka secara mudah kita untuk membuat suatu program

            Kebutuhan akan digital IT sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari, Bead IT Consultant merupakan pilihan tepat sebagai partner anda,kunjungi website kami dengan klik link ini : www.beadgrup.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *