MARKETING RESEARCH

Agar dapat meningatkan penjualan, Anda harus mengetahui segala sesuatu yang berhubugan dengan segala hal tentang penjualan tersebut salah satunya adalah tentang marketing research.  Sebelum Anda akan menyusun strategi marketing yang sesuai dengan bisnis yang sedang Anda jalankan, maka Anda harus melakukan riset terlebih dahulu. Kalau anda masih kurang jelas mari simak penjelasan dibawah.

Pengertian Marketing Research

Riset pemasaran atau marketing research merupakan “sebuah proses untuk pengumpulan segala informasi yang berhubungan dengan pemasaran yang nantinya informasi tersebut akan digunakan untuk dapat :

  1. Meningkatkan peluang bisnis.
  2. Memperbaiki sekaligus memantau kinerja pemasaran.
  3. Mengatasi berbagai permasalahan yang nantinya akan muncul.

Riset pemasaran adalah mengerucutkan segala informasi penting agar dapat digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan, bagaimana untuk mendesain metode pengumpulan segala informasi, mengelola dan menerapkan proses-proses pengumpulan data, analisis hasil dan untuk mengungkapkan temuan dan menyimpulkannya. Marketing research secara sistematis akan melakukan pengumpulan, pencatatan, dan analisis tentang data kualitatif dan kuantitatif tentang berbagai isu-isu yang berhubungan dengan produk-produk dan jasa pemasaran. Tujuan utama dari riset pemasaran (marketing research) adalah untuk mengidentifikasi dan membantu bagaimana dalam mengubah elemen dalam marketing mix agar mampu langsung berdampak terhadap para pelanggan.

Peran Penting Marketing Research

Tugas utama dari riset pemasaran (Marketing Research) adalah untuk menyediakan bagi pihak manajemen dengan berbagai informasi yang benar-benar  :

  1. Relevan
  2. Akurat
  3. Handal
  4. Valid
  5. Paling Uptodate

Karena sebenarnya akan sangat banyak keputusan-keputusan yang sangat strategis dan benar-benar taktis dalam proses untuk mengidentifikasi dan memuaskan segala kebutuhan pelanggan yang harus dibuat berdasarkan hasil riset tersebut. Mulai dari membuat keputusan tentang peluang potensial, pemilihan target pasar, segmentasi pasar, perencanaan dan penerapan program-program pemasaran, kinerja pemasaran serta kontrol. Dalam pembuatan keputusan tersebut yang nantinya akan sangat rumit karena harus memperhatikan berbagai interaksi antara variabel terkontrol dari produk, harga, promosi, dan distribusi.

Namun dengan adanya riset pemasaran yang nantinya akan sangat membantu pihak manajer pemasaran dalam menghubungkan variabel pemasaran dengan lingkungan dan para konsumen. Hal ini akan sangat membantu dalam menghapuskan beberapa ketidakpastian dengan menyediakan berbagai informasi yang relevan tentang variabel pemasaran, lingkungan, dan para konsumen. Program riset pemasaran yang sedang berlangsung akan banyak memberikan informasi tentang faktor-faktor terkendali dan yang tidak terkendali serta para konsumen dengan informasi ini akan mampu meningkatkan efektivitas keputusan yang telah dibuat oleh pihak manajer pemasaran.

            Kebutuhan akan digital IT sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari, Bead IT Consultant merupakan pilihan tepat sebagai partner anda,kunjungi website kami dengan klik link ini : www.beadgrup.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *