KEBIASAAN BURUK YANG DAPAT MEMBUAT LAPTOP JADI CEPAT RUSAK

Penyebab laptop cepat rusak umumnya berasal dari kebiasaan yang sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Kebiasaan yang merusak laptop ini kerap kali tidak disadari akan berdampak buruk pada komponen-komponen laptop.

Maka dari itu, pemilik laptop perlu mengetahui apa saja hal-hal yang dapat merusak laptop agar laptop dapat bertahan lama.

Berikut ini beberapa kebiasaan buruk yang dapat membuat laptop menjadi cepat rusak

  1. Menutup Laptop Dalam Keadaan Masih Hidup

Kebiasaan satu ini sangat sering dilakukan banyak orang. Tanpa melakukan shutdown terlebih dahulu, laptop langsung ditutup dalam keadaan masih hidup. Hal ini apabila sering dilakukan tentu saja dapat membuat laptop menjadi cepat rusak. Oleh karena itu, hindarilah langsung menutup laptop saat sudah selesai menggunakannya. Lakukan shutdown atau sleep terlebih dahulu dan tunggu beberapa saat sampai hawa panas laptop agak berkurang. Dengan begini laptop kamu bisa awet dan tetap terjaga.

  • Tidak Memasang Baterai Laptop

Hal ini juga sangat sering dilakukan kebanyakan pengguna laptop. Laptop langsung disambungkan ke listrik dengan chargernya tanpa memasang baterai. Hal ini dapat merusak mainboard laptop dan bahkan bisa menyebabkan loncatan daya listrik tidak teratur sehingga bisa terjadi korsleting. Mungkin kamu bermaksud supaya baterai laptop tetap tahan lama, namun hal ini hanyalah salah kaprah. Laptop akan semakin cepat rusak karena kamu melakukan hal ini.

  • Meletakkan Laptop Di Pangkuan Atau Di Kasur

Satu lagi kebiasaan yang sering ditemui dari pengguna laptop adalah meletakkan laptop di pangkuan atau kasur. Memangku laptop di paha tidak hanya menyebabkan masalah kesehatan terjadi pada kamu, bahkan laptop juga bisa semakin cepat rusak karenanya. Hal ini karena aliran udara di bawah laptop terhambat yang membuat panasnya mengendap. Bahkan panas laptop juga bisa membuat paha kamu terbakar.

Menaruh laptop di kasur atau sofa yang merupakan tempat yang lembut juga bisa menyebabkan laptop cepat rusak. Hal ini disebabkan karena kasur maupun sofa bukanlah benda yang bisa menyerap panas, sehingga juga bisa menyebabkan udara di bawah laptop mengendap. Laptop menjadi cepat panas saat digunakan, bahkan bisa menyebabkan terjadinya overheat pada komponen-komponen laptop. Kerusakan akan cepat terjadi bila kamu terus melakukan kebiasaan buruk ini.

  • Menyambung Kabel Charger Ke Laptop Sebelum Ke Listrik

Memang masih banyak orang yang bingung manakah yang harus didahulukan, memasang kabel charger ke laptop atau ke listrik dulu. Ternyata yang harus dilakukan adalah memasang kabel charger ke listrik terlebih dahulu sebelum menyambungkannya ke laptop. Hal ini disebabkan oleh loncatan daya pertama pada colokan listrik tidak stabil, dan bisa menyebabkan motherboard laptop menjadi cepat rusak bila dilakukan secara berulang-ulang kali

.

  • Mengangkat Laptop dengan Memegang Layarnya

Terkadang kamu juga pernah melihat orang yang sedang terburu-buru mengangkat laptopnya dengan memagang layar. Kebiasaan ini sangat buruk dan membuat laptop menjadi cepat rusak. Walaupun laptop ringan, mengangkat dengan memegang layarnya dapat membuat kondisi engsel dan LCD laptop rusak. Jadi jangan sampai melakukan hal ini.

  • Mengisi Daya Laptop Meski Baterai Belum Habis

Mengisi daya laptop meski baterai belum habis ternyata juga dapat membuat laptop menjadi cepat rusak. Kamu dianjurkan untuk mengisi daya laptop saat baterai mencapai 10 persen, atau saat pemeberitahuan untuk mengisi daya sudah muncul. Jangan biarkan baterai laptop kosong atau langsung mati seketika, namun jangan pula mengisi daya laptop saat baterai masih di atas 30 persen. Hal ini dapat membuat kemampuan baterai dalam menyimpan daya menjadi semakin bekurang dan menjadi lebih cepat rusak. Mengisi daya saat baterai sudah mencapai 10 persen adalah cara yang paling aman agar laptop tidak cepat rusak.

  • Jarang Membersihkan Laptop

Kebersihan laptop sangat penting dijaga agar laptop tidak cepat rusak. Debu yang menempel pada komponen-komponen laptop dapat mengganggu kinerja laptop jika tidak segera dibersihkan. Jadi sebaiknya kamu rutin membersihkan bagian luar laptop setidaknya seminggu sekali dan membersihkan bagian dalamnya 3 bulan sekali.

Kebutuhan akan digital IT sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari, Bead IT Consultant merupakan pilihan tepat sebagai partner anda,kunjungi website kami dengan klik link ini : www.beadgrup.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *