Jenis Font Terbaik untuk Desain Grafis

Bagi seorang desainer grafis, pekerjaan seperti membuat desain banner, desain typography, membuat logo, flyer, gambar illustrasi hingga membuat infografis merupakan rutinitas sehari-hari.Untuk tetap kreatif dan produktif dalam menghasilkan karya-karya yang bagus, tak jarang desainer grafis membuat ciri khas tersendiri. Misalnya, dalam menggunakan jenis font terbaik yang unik dan beda dari yang lain.Dalam dunia desain grafis, jenis font dapat memberi pengaruh tersendiri terhadap desain yang ditampilkan. Karena dapat memudahkan dalam penyampaian pesan dan mengungkap “rasa”.

Rekomendasi jenis font untuk desainer grafis

1. Handwritten

Jenis font yang pertama yaitu Handwriten. Font ini sangat identik dengan model tulisan tangan latin bergaya klasik. Bentuknya juga bermacam-macam seperti dibuat menggunakan kuas atau spidol.Ukurannya pun ada yang tebal, tipis, tegak, miring dan lain sebagainya. Sangat cocok digunakan untuk memberikan kesan santai pada desain.

2. Slab Serif

Kalau kamu menyukai varian font serif, makan slab serif merupakan salah satu pilihan yang tepat. Huruf slab serif memiliki karakteristik yang simpel, jelas dan besar.Kesan yang ditampilkan cukup sederhana namun membuat komponen desain di dalamnya tetap terlihat elegan.

3. Color Font

Tulisan tebal dengan warna-warna yang menarik selalu menjadi pilihan tersendiri bagi para desainer grafis dalam membuat karya-karya desainnya.

Font jenis ini seringkali dipergunakan untuk keperluan desain brosur, ataupun pembuatan gambar lain yang sifatnya ceria dan dan menghibur.

4. Victorian Parlor

Font yang satu ini memiliki bentuk yang paling menarik, terdiri dari berbagai macam karakteristik tipografi dan perpaduan yang klasik dan unik membuatnya disukai oleh desainer grafis.Karena bentuknya yang fleksibel, kamu bisa menggunakan font ini untuk keperluan desain yang mengusung tema vintage dan tetap terlihat modern.

5. Aurora Script

Script dibuat seperti tulisan tangan yang menyerupai kaligrafi kuno dengan lekukannya yang indah. Perpaduan font Aurora Script dengan bingkai dekoratif semakin mempertegas karakternya.Secara umum, font ini dapat menciptakan tampilan desain yang mewah dan elegan.

6. Vintage

Font bergaya vintage juga identik sekali dengan masa lampau dimana tulisan-tulisannya berbentuk miring, tipis, artistik, namun terlihat elegan.

7. Blackletter

Font yang satu ini termasuk dalam kategori Old School. Untuk penggunaannya sendiri akan kamu banyak temui pada desain cover album band musik metal ataupun band rock.Ciri khas dari font ini yaitu hurufnya yang tebal, terdapat aksen atau motif pada bagian hurufnya seperti graffiti.

8. Brooklyn

Brooklyn merupakan jenis font yang cukup simpel, sederhana, terlihat bersih dan teratur. Banyak orang menggunakan font ini untuk keperluan desain yang tidak terlalu rumit.Font ini memiliki karakteristik huruf kapital yang tidak terlalu tinggi dan terdapat jarat pada setiap hurufnya.

9. Sans Serif

Tentu Sans Serif merupakan font yang paling banyak digunakan dalam desain grafis. Selain jenisnya yang cukup banyak, font serif juga dapat menyatu dengan gambar desain apa pun.Jenis huruf sans serif memiliki tepi yang sedikit tajam dan berstruktur geometris yang membuatnya fungsional dan mudah dibaca.

10. Seri

Keluarga font Serif yang terakhir memiliki karakter minimalis dalam gaya reguler, Serif adalah tipografi modern dengan variasi serif dan sans serif. Font yang elegan dan ringan dengan detail desain yang halus.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *