HAL-HAL YANG WAJIB DIPERHATIKAN SAAT MEMBELI LAPTOP

HAL-HAL YANG WAJIB DIPERHATIKAN SAAT MEMBELI LAPTOP

Laptop menjadi salah satu hal yang paling penting untuk saat ini, karena sebagian besar orang sekarang bekerja dan belajar dari rumah akibat pandemi Virus Corona (Covid 19). Hal ini membuat beberapa orang memilih membeli laptop baru untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Namun, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan sebelum membeli laptop baru. Kamu harus bisa memilih laptop mana yang sesuai dengan kebutuhanmu. Misalnya, untuk sekolah daring, mengedit foto dan video, atau keperluan untuk bekerja. Berikut ini merupakan hal-hal yang wajib diperhatikan sebelum membeli laptop baru.

  1. Ukuran Laptop

Pertimbangkan ukuran laptop terlebih dahulu, karena ukuran laptop yang kamu pilih, tentunya akan memengaruhi ukuran layarmya.

Sebaiknya, pilihlah ukuran laptop yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. Apabila kamu butuh portabilitas tinggi, pilihlah laptop dengan ukuran kecil. Dengan begitu, kamu dapat membawanya dengan mudah karena dimensinya yang kecil.

Laptop semacam ini biasanya memiliki ukuran layar sebesar 12,5 inci hingga 13,3 inci dan memiliki bobot antara 1 kg hingga 1,5 kg. Meski begitu, sangat jarang sekali laptop dengan ukuran tersebut punya spesifikasi yang benar-benar kencang, kalau ada biasanya harganya cenderung lebih mahal.

Apabila kamu membutuhkan laptop yang bertenaga tinggi, baik itu untuk urusan desain atau gaming, mau tidak mau, kamu harus memilih laptop dengan ukuran yang besar. Karena ukuran yang besar itu dibutuhkan untuk menyimpan komponen yang bertenaga. Biasanya, laptop semacam ini memiliki ukuran layar sebesar 14 inci hingga 17,3 inci dan bobotnya sendiri bisa mencapai 2 kg.

  • Jenis Dan Ukuran Media Penyimpanan

Dulu media penyimpanan berjenis Harddisk sering dijadikan pilihan oleh banyak orang, karena Harddisk memiliki penyimpanan yang sangat besar dan harganya juga tidak terlalu mahal. Namun, kecepatan Harddisk tidak terlalu kencang.

Berbanding terbalik dengan SSD. Penyimpanan SSD lebih kecil, tetapi memiliki kecepatan jauh lebih tinggi dari Harddisk. Harganya juga lebih mahal. Harga SSD yang berkapasitas 128 GB bisa dua kali lipat dari harga Harddisk. Meski begitu, SSD saat ini lebih banyak dipilih. Alasannya sederhana, SSD menawarkan kecepatan yang jauh lebih tinggi dari Harddisk. SSD juga memiliki daya tahan yang lebih baik, karena  SSD sudah menggunakan teknologi non volatille memory sebagai media penyimpanannya sedangkan Harddisk masih menggunakan piringan keras atau cakram magnetis didalamnya.

Nah, jika kamu membutuhkan laptop untuk menyimpan banyak data, pilihlah laptop yang menggunakan Harddisk. Apabila kamu membutuhkan kecepatan, seperti untuk bermain game atau desain, pilihlah yang SSD. Satu hal yang harus diingat, laptop dengan SSD yang memiliki kapasitas besar, biasanya memiliki harga yang sangat mahal. Biasanya, laptop dengan SSD 512 GB punya harga lebih mahal dari laptop dengan harddisk 2 TB.

  • Desain Laptop

Berbicara soal laptop, tentu saja hal pertama yang kita lihat dari sebuah laptop adalah desainnya. Seiring dengan majunya perkembangan teknologi, laptop memiliki berbagai macam inovasi, terutama dari segi desain. Jika dulu laptop rata-rata banyak yang berukuran tebal, kini kita bisa menemukan laptop yang memiliki ukuran yang sangat tipis. Kalau dulu layar dan keyboard menyatu, kini sudah ada model 2-in-1 yang memungkinkan layar dan keyboard bisa dilepas-pasang atau dilipat hingga 360 derajat (laptop converible).

  • Keyboard Laptop

Setiap merek laptop memiliki desain keyboardnya masing-masing. Jika kamu hendak menggunakan laptop dalam jangka waktu yang lama, pastikan keyboard itu terasa nyaman di tangan. Hal ini karena kenyamanan akan berpengaruh terhadap kinerjamu. Yang perlu diperhatikan ialah jarak antar tombol, permukaan tombol, hingga responsivitas saat kamu menekan tombol keyboard. Pastikan juga semua tombol bisa berfungsi dengan baik.

  • Daya Tahan Baterai

Ini merupakan salah satu hal penting yang wajib diperhatikan saat membeli laptop baru. Rata-rata, laptop yang dijual memiliki daya tahan baterai sekitar 6 – 8 jam.

Harus diakui, ketahanan baterai laptop agak sulit diukur karena tergantung pemakaian laptop, apilkasi yang dijalankan, serta jenis prosesor yang dipakai. Karenanya, sangat dianjurkan untuk membaca berbagai ulasan soal laptop yang ingin kamu beli.

Pastikan juga kamu mampu merawat baterai laptop dengan baik supaya performanya tetap terjaga. Misalnya, tidak melakukan charge terus-menerus, tidak menunggu hingga baterai benar-benar habis atau 0%, baru di-charge, atau menge-charge laptop dalam keadaan mati.

  • Kualitas Layar

Tidak semua laptop memiliki kualitas layar yang bagus. Oleh karena itu, sebelum membeli laptop baru, pastikan kamu mengetahui jenis layar yang digunakan, resolusinya, juga sudut pandang penglihatan layar.

Sebagai contoh, kamu memperlukan laptop untuk mengerjakan grafis. Maka, kamu harus memilih laptop dengan panel display jenis IPS yang punya ketajaman serta akurasi warna yang tinggi, juga sudut penglihatan yang luas.

  • CPU Laptop

Performa dari sebuah laptop ditentukan oleh CPU atau prosesornya. Ada berbagai jenis prosesor yang dijual di pasaran. Yang perlu kamu ketahui adalah prosesor apa yang dibutuhkan laptopmu. Sebagai contoh prosesor merek AMD dan Intel, baik AMD maupun Intel sama-sama merek yang bisa diandalkan. Namun, Intel biasanya memiliki performa yang sedikit lebih baik dibandingkan AMD.

Prosesor Intel memiliki beberapa tipe, di antaranya Intel Core i5 dan Intel Core i7 yang terbagi dalam beberapa generasi dan terus mengalami perkembangan arsitektur setiap tahun.

  • Kapasitas RAM

Selain prosesor, RAM juga merupakan salah satu faktor yang mampu memengaruhi kinerja laptop. Kapasitas RAM antara laptop biasa dengan laptop gaming tentu saja berbeda. Jika menggunakan laptop untuk gaming, RAM yang dibutuhkan akan lebih besar. Contoh kalau menggunakan Windows 10, maka kamu memerlukan RAM sebesar 8 GB minimum untuk laptop gaming. Semakin besar RAM yang dipasang, kinerja laptop menjadi semaikin baik.

Kebutuhan akan digital IT sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari, Bead IT Consultant merupakan pilihan tepat sebagai partner anda,kunjungi website kami dengan klik link ini : www.beadgrup.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *