FAKTA UNIK TENTANG DESAIN GRAFIS

Sebelumnya apakah kalian mengetahui apa itu desain grafis ? mungkin dari beberapa kalian sudah banyak yang mengetahui apa itu desain grafis tetapi tidak ada salahnya juga untuk kita menerangkan kembali tentang desain grafis. Desain Grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tipografifotografi, serta ilustrasi yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan. Bidang ini melibatkan proses komunikasi visual dan desain komunikasi.

Desain Grafis membuat dan mengkombinasikan simbol, gambar, dan teks untuk membentuk representasi gagasan dan pesan secara visual. Desainer grafis menggunakan teknik tipografiseni rupa, dan tata letak halaman untuk membuat komposisi visual. Penggunaan umum dari desain grafis adalah seperti desain perusahaan (logo dan merek), desain editorial (majalah, surat kabar, dan buku), desain lingkunganperiklanandesain webdesain komunikasi, dan kemasan produk. Disini saya akan membahas tentang beberapa fakta unik pada desain grafis.

Beberapa fakta unik pada desain grafis:

  1. Desain grafis itu komputer
    Komputer memang digunakan dalam proses mendesain, namun tidak seluruhnya, dan bukan hal yang paling utama. Merancang solusi untuk suatu masalah adalah yang paling utama dalam desain grafis, ini dilakukan dengan riset atau wawancara, membuat catatan-catatan. Sama sekali belum menggambar, apalagi menggunakan komputer.Riset atau wawancara dilakukan kepada pihak yang berhubungan dengan permasalahan, sedangkan membuat catatan untuk mengembangkan imajinasi, untuk kemungkinan solusi.
  1. Desain grafis itu harus bisa Photoshop, Illustrator dan CorelDraw
    Software itu bukan desain grafis atau bukan alat utama dalam desain grafis. Ia hanya alat bantu dalam membuat karya desain grafis. Bisa mengoperasikan software-nya belum tentu bisa mendesain dengan baik.Untuk menghasilkan karya desain yang berhasil, ada tahapan kerja dan prinsip-prinsip yang harus diterapkan. Software tidak mengerti hal itu, ia hanya alat. Yang harus mempelajari adalah si pemakainya.Desainer grafis tidak menggantungkan dirinya pada software, tapi pada otaknya yang kreatif. Riset, analisa, mencari strategi visual dan komunikasi adalah proses awal mendesain
  1. Desain grafis itu membuat iklan

Membuat iklan memang salah satu pekerjaan yang cukup banyak ditekuni oleh desainer grafis, tapi bukan itu satu-satunya. Branding, editorial dan penerbitan, desain kemasan atau packaging, web dan development, adalah di antara sekian banyak yang juga ditekuni oleh desainer grafis.

  1. Desain grafis itu cuma make up

Yang sekadar menghias itu bukan desain grafis, tetapi dekorasi, tujuannya memang cuma satu: untuk memperindah, Tidak ada fungsi lainnya.Kalau desain grafis, selain memperindah ia juga punya fungsi: menyampaikan pesan dan identitas. Tujuannya untuk menjual, memberi informasi, menanamkan citra ke benak konsumen, dan lain-lain.

  1. Desain grafis itu masalah selera

Kalau berupa dekorasi saja mungkin bisa dinilai tergantung selera pribadi: “suka”, “tidak suka”. Tetapi kalau desain grafis dinilai secara keseluruhan, maka penilaiannya jadi: apakah ia dapat menjual?,apakah berhasil menginformasikan?, apakah terbangun citra yang diharapkan? dan penilaian-penilaian lain yang sifatnya objektif, bukan subjektif atau selera pribadi.

Kebutuhan akan digital IT sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari, Bead IT Consultant merupakan pilihan tepat sebagai partner anda,kunjungi website kami dengan klik link ini : www.beadgrup.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *