Composer

Apa itu Composer?

Composer adalah tools dependency manager pada PHP, Dependency (ketergantungan) sendiri diartikan ketika project PHP yang kamu kerjakan masih membutuhkan atau memerlukan library dari luar. Composer berfungsi sebagai penghubung antara project PHP kamu dengan library dari luar.

Jika Bahasa Pemrogrman PHP menggunakan Composer sebagai dependency manager, Maka sama halnya seperti Ruby yang menggunakan Gem, Java menggunakan Maven and Gradle dan seluruh komunitas JS berfokus pada npm.

Dependency manager memungkinkan kamu untuk membuat dan mengambil library pada project PHP kamu pada library  Packagist.org sendiri merupakan situs yang menyediakan banyak libary yang bisa kamu gunakan. Dengan bantuan tools tersebutkamu bisa terhubung pada situs packagist.org dan kamu dapat mengambil dan mengupload library.

Manfaat Menggunakan Despendency Manager

Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika kamu menggunakan tools tersebut pada saat mengerjakan projek PHP. Selain lebih cepat dalam menyelesaikan proyek karena kamu bisa leluasa menggunakan library dari packagist.org masih banyak manfaat lainnya, Berikut manfaat menggunakan composer saat mengerjakan projek PHP.

  • Dengan menggunakan Tools ini, Kamu bisa lebih terstruktur saat coding PHP dengan menggunakan konsep MVC.
  • Package yang kamu butuhkan saat mengerjakan projek PHP akan secara otomatis terinstal atau mengupdate tanpa harus menginstall secara manual.
  • Kamu tidak perlu melakukan include terhadap semua file php atau class php yang dibutuhkan dalam proyek PHP kamu, Karena sudah terdapat autoload yang akan menghandle fungsi tersebut.
  • Dengan menggunakan dependency manager yang terhubung dengan packagist, Kamu dapat dengan leluasa menggunakan ribuan package yang sudah tersedia packagist.

Cara Kerja Composer

Tool ini bertugas untuk menghubungkan antara programmer dengan packagist.org.

Packagist.org akan menyerahkan fitur-fitur pada versi atau integrasi dengan GitHub dan / atau bitbucket.

  • Tools ini membantu menemukan package/bundle yang tersedia pada situs packagist.org.
  • Sebagian besar repositori seperti Github, menyertakan tautan atau perintah yang siap menyederhanakan pengunduhan bundel yang sesuai melalui composer.
  • Dapat menghasilkan struktur hierarkis, misalnya: Sebuah situs web repository nasional mungkin memerlukan situs repositori kontinental (child-parent dependency), sambil menjadi anak dari situs repositori frameworks (a parent for the previous parent). Dengan cara ini struktur dependensi dibuat.

Kenapa Developer harus Menggunakan Despendency Manager?

Mungkin di pikiran kamu muncul sebuah pertanyaan “Mengapa saya harus menggunakan composer”.

Seorang programer atau web developer sangat dianjurkan menggunakan dependency manager untuk memudahkan dalam mengerjakan projek. Komunitas PHP atau pengguna bahasa pemrograman PHP saat ini sebagian besar bekerja dengan framework Laravel, Silex, Phalcon atau Symfony2.

Setiap kamu membuat module baru maka kamu terdapat juga versi baru, Semakin banyak bundle dan versi maka akan menjadi sebuah masalah. Dalam hal ini dependencies menjadi solusi masalah tersebut

Jika Anda memiliki proyek dengan sejumlah besar dependensi dan terdapat 

  • beberapa dari mereka bergantung pada bundel lain, 
  • atau kamu ingin memilih paket mana yang diperlukan untuk proyek yang sedang kamu kerjakan, 
  • atau kamu menginginkan memiliki sebuah kontrol pada versi file yang kamu instal.

Jika kamu menjawab iya pada beberapa poin yang sudah disebutkan diatas, maka Dependency Manager menjadi solusi terbaik dan sempurna untuk kamu.

Kebutuhan akan digital IT sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari, Bead IT Consultant merupakan pilihan tepat sebagai partner anda,kunjungi website kami dengan klik link ini : www.beadgrup.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *