APA ITU 4 SEHAT 5 SEMPURNA

Makanan 4 sehat 5 sempurna adalah makanan yang memiliki kandungan gizi lengkap mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, lemak, dan mineral. Makanan 4 sehat terdiri atas makanan pokok, lauk pauk, sayur, dan buah. Sedangkan 5 sempurna merupakan susu yang merupakan nutrisi tambahan. Awalnya makanan 4 sehat dan 5 sempurna ini merupakan kampanye yang digalakkan pemerintah, namun saat ini sudah menjadi gaya hidup sebagian orang.

Jenis jenis makanan 4 sehat 5 sempurna

Makanan 4 sehat 5 sempurna terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayur, buah, dan susu. Makanan ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Apa saja manfaatnya? Yuk simak penjelasan berikut.

  1. Makanan pokok

Makanan pokok adalah makanan yang harus dikonsumsi setiap hari. Ada juga yang menyebutnya sebagai makanan utama. Makanan pokok biasanya memiliki kandungan karbohidrat yang bermanfaat sebagai sumber energi bagi tubuh. Di Indonesia, umumnya sumber karbohidrat berasal dari nasi. Namun sebenarnya tidak harus seperti itu. Anda bisa mengkonsumsi kentang, sagu, gandum, ubi, singkong, atau jagung.

  • Lauk pauk

Jenis makanan 4 sehat 5 sempurna lainnya yaitu lauk pauk. Makanan ini merupakan makanan pendamping dari makanan pokok. Lauk pauk yang disarankan harus mengandung protein yang cukup, baik dari protein hewani ataupun nabati. Kandungan protein bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, pembentukan cadangan energi, dan membantu daya tumbuh kembang pada anak-anak. Protein nabati bisa berasal dari tempe, tahu, kedelai, atau kacang-kacangan. Sedangkan protein bisa berasal dari daging merah, ayam, ikan, telor dan olahan turunannya. Kebutuhan protein setiap orang berbeda. Maka dari itu Anda harus mengetahui kebutuhan protein harian untuk diri anda sendiri.

  • Sayur – sayuran

Sayur-sayuran ini memiliki kandungan vitamin yang cukup lengkap mulai vitamin A yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Kandungan vitamin yang lengkap juga bermanfaat untuk menjaga imunitas tubuh. Selain itu, sayur memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Sayuran bisa dikonsumsi dengan cara dimasak atau dimakan dalam keadaan segar sebagai salad maupun lalap. Namun pastikan sayuran yang hendak dikonsumsi telah dicuci bersih.

  • Buah – buahan

Berikan si kecil buah segar agar kebutuhan multivitamin dan mineral terpenuhi. Anda bisa mengelola buah agar lebih disukai si kecil misal dibuat menjadi jus buah-buahan dicampur susu. Ada setidaknya empat jenis buah berdasarkan warnanya yakni buah berwarna kuning, hijau, merah dan ungu. Untuk menjaga kesehatan mata anak bisa diberikan buah berwarna kuning karena mengandung beta karoten.

  • Sempurnakan dengan Susu

Agar nutrisi yang diterima oleh si kecil lebih sempurna, berikan si kecil asupan protein hewani dari susu. Susu diketahui memiliki manfaat untuk menambah sumber energi dan meningkatkan pertumbuhan tulang. Hanya saja pemberian susu harus disesuaikan dengan kondisi si kecil. Apabila si kecil menderita kelebihan berat badan maka berikan susu rendah lemak dan glukosa.  Ada banyak jenis susu yang bisa diberikan kepada si kecil. Untuk susu dari protein hewani bisa dipilih susu sapi ataupun susu kambing. Susu kambing dikenal memiliki kelebihan karena bersifat anti alergi.  Menurut dr. Irma Lidia, anjuran makanan 4 sehat 5 sempurna mirip dengan rekomendasi yang beredar saat ini di US myplate, dimana dalam satu piring terbagi oleh 4 porsi karbohidrat (grains) 30%, sayuran 40%, protein 20%, buah 10% dan didampingi dengan segelas susu atau yogurt. Orang tua diharapkan selalu memberi anak makan porsi yang tepat dan ragam jenis makanan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi anak.

  1. Karbohidrat

karbohidrat yang kita konsumsi dapat bermanfaat sebagai peningkat metabolisme tubuh, sebagai sumber energi, juga dapat menyeimbangkan antara basa dan asam dalam tubuh, berguna juga sebagai pembentuk sel , jaringan serta organ, memperlancar pencernaan dan penyerapan kalsium serta membantu membentuk protein dan lemak.

  • Protein

Protein yang kita konsumsi dapat menetralkan racun yang ada pada tubuh, membantu pelaksanaan metabolisme tubuh serta ia dapat memelihara cairan dalam rongga tubuh

  • Lemak

Lemak tidak selamanya hanya dapat membuat kegemukan, lemak dibutuhkan tubuh kita sebagai pelarut vitamin A, D, E dan K agar dapat dicerna tubuh dan diambil manfaatnya, lemak berguna juga sebagai pelindung tubuh, serta sebagai sumber asam lemak essensial.

  • Air

Air melarutkan senyawa senyawa lain yang terdapat dalam tubuh, mengangkut zat makanan dari sel sel ke jaringan jaringan di dalam tubuh , serta menjaga kestabilan tubuh.

Manfaat dari Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

  1. Menjaga Berat Badan agar Tetap Ideal

Konsumsi makanan yang sehat bisa menjadi salah satu upaya agar bisa mendapatkan berat badan yang ideal. Makanan 4 sehat 5 sempurna yang memiliki kandungan serat yang tinggi bisa membantu melancarkan pencernaan sehingga berat badan tetap terjaga. Selain itu, kandungan gizinya yang lengkap bisa membantu tubuh tetap sehat dan proposional.

  • Membantu Pertumbuhan Otak

Makanan yang sehat dan bergizi lengkap juga bisa membantu pertumbuhan otak, terutama pada anak-anak. Ada beberapa jenis sayuran yang baik untuk perkembangan ini. Selain itu, protein yang terkandung pada ikan juga dipercaya membantu pertumbuhan otak. Maka dari itu, makanan 4 sehat 5 sempurna baik untuk diberikan kepada anak-anak.

  • Membantu pertumbuhan

Pada anak-anak, makan yang sehat sangat dibutuhkan untuk proses perkembangan dan pertumbuhan. Makanan dengan gizi yang seimbang bisa membantu tubuh dalam membentuk tulang dan gigi. Nutrisi lainnya seperti vitamin, mineral, protein, karbohidrat, dan lemak akan membantu anak tetap aktif.

Kebutuhan akan digital IT sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari, Bead IT Consultant merupakan pilihan tepat sebagai partner anda,kunjungi website kami dengan klik link ini : www.beadgrup.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *