ALASAN KITA HARUS MENJADI UI/UX DESIGNER

Kunci Kesuksesan Sebuah Aplikasi

Coba ingat kembali betapa seringnya kita merasa begitu bahagia dalam mengakses dan mendapatkan manfaat dari berbagai macam aplikasi di smartphone kita. Mulai dari Whatsapp, Youtube, Facebook, Instagram hingga Gojek / Grab.

Kenapa ya hal itu bisa terjadi ?

Faktor utamanya tentu karena aplikasi tersebut berhasil menjadi solusi dari permasalahan kita. Tapi ada 1 faktor lain yang sangat krusial, yang tanpa ini maka aplikasi tersebut pasti tidak akan ada yang mau pakai. Yaitu : Aplikasinya harus sangat-sangat-sangat mudah digunakan.

UI/UX Hadir Sebagai Solusi

Bidang yang fokus pada mendesain tampilan suatu aplikasi menjadi senyaman mungkin dan semudah mungkin digunakan oleh user adalah UI/UX ( User Interface / User Experience ). Dan orang yang melakukannya disebut UI/UX Designer.

Bagaimana Cara Kerja UI/UX Designer ?

  •  Melakukan riset untuk memahami masalah dan kebutuhan User ( User Experience )

Mungkin Anda mengira pekerjaan utama dari seorang UI/UX Designer lebih banyak melakukan desain. Sayangnya bukan. Justru kemampuan yang paling utama dan yang paling pertama dilakukan adalah bagaimana melakukan riset, selalu mempunyai rasa penasaran, dan rasa ingin memahami dengan tulus apa permasalahan sesungguhnya dari User Anda.

  •  Menuangkan hasil riset menjadi bentuk tampilan aplikasi (User Interface)

Ketika Anda sudah paham betul permasalahannya dan solusi yang ingin Anda buat, menuangkannya ke dalam bentuk tampilan / desain sangatlah mudah. Anda bisa membuatnya dengan menggambar langsung dari tangan, bisa menggunakan Photoshop, maupun tools-tools lainnya seperti MarvelApp.

  •  Test & ulangi sampai User puas

Yang menarik adalah ketika desain tampilan sudah jadi, itu tidak serta merta hasilnya User bisa langsung nyaman dan puas. Anda harus test dulu desain Anda apakah sudah bisa memecahkan masalah User tersebut, dan apakah sesuai dengan “Goal” yang bos Anda inginkan atau belum. Istilahnya adalah Usability Testing.

  •  Lanjut memecahkan masalah lainnya

Satu masalah terselesaikan, maka UI/UX Designer akan berlanjut menyelesaikan masalah lainnya. Misalnya kenapa User banyak yang nonton video tapi kok tidak ada yang mau saling berinteraksi dengan sesama user lainnya ? nah kalian harus menyelesaikan masalah tersebut.

Manfaat Perusahaan Yang Mengutamakan UI/UX

  •  User / pelanggan akan lebih nyaman

Ini sudah pasti ya. Semakin perusahaan mengutamakan kenyamanan dan kemudahan pengguna, maka User / pelanggan pun akan semakin nyaman dalam menggunakan aplikasi. Semakin nyaman maka akan semakin sering dan puas dalam menggunakan aplikasinya.

  •  Keuntungan perusahaan akan meningkat

Misalnya ada perusahaan ingin menjual sebuah sepatu model terbaru yang anti air. Karena perusahaan ini mengutamakan UI/UX dari website untuk penjualannya. Akhirnya perusahaan  akan mendapatkan keuntungan dari website tersebut

Kebutuhan akan digital IT sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari, Bead IT Consultant merupakan pilihan tepat sebagai partner anda,kunjungi website kami dengan klik link ini : www.beadgrup.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *