Categories: Admin Perkantoran

Tata Usaha (Admin)

Deskripsi Karier

Tidak ada suatu bisnis yang berjalan dengan baik tanpa adanya profesi tata usaha (admin). Admin berperan sangat penting dalam mendata, membuat dokumen dan mengarsipkan. Bahkan nggak jarang, admin menjadi penghubung komunikasi di lingkungan perusahaan. Nah kebayangkan pentingnya peran admin? Seorang admin memiliki cara kerja yang teliti dan detail. Karena menjadi admin membutuhkan ketepatan dan keefisienan kerja yang menyangkut seluruh aspek perusahaan. Ibaratnya, para pekerja tata usaha merupakan kaki, jantung atau otak dari top manajemen perusahaan.

Wajib Tahu

  1. Jika kamu tertarik menjadi staf administrasi, kamu harus punya kepribadian yang rapi. Karena dikutip dari glints.com, seorang admin harus bisa mengatur dan mengorganisir kegiatan. Semuanya harus benar-benar disusun secara rapi.
  2. Ada satu keuntungan saat kamu menjadi admin perusahaan lho, kamu akan menjadi orang banyak dikenal bos-bos di manajemen kamu ataupun dari bagian lain.
  3. Menurut glints.com, kamu akan menjadi garda terdepan saat pekerjaan yang melibatkan para atasan, seperti mengejar tanda tangan mereka untuk meminta persetujuan.

Peran dan Tanggung Jawab

Memasukkan data ke dalam komputer.

Membuatan dokumen dan data.

Menjadi perantara komunikasi di dalam lingkungan perusahaan dan pengarsipan.

Mengagendakan surat masuk/keluar.

Mengelola administrasi perusahaan.

Memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.

Kemampuan komunikasi dan retorika yang baik

Kemampuan pengarsipan

Kemampuan organisasi

Kemampuan administratif dan tata usaha

Kemampuan bahasa asing

Jenjang Karier

Posisi admin memiliki jenjang karier jika berbeda di setiap perusahaan. Setiap jenjang karier tersebut tentunya memiliki besaran penghasilan yang berbeda.

  1. Junior Staf Admin. Posisi awal saat berkarir sebagai tata usaha atau admin adalah junior admin. Jabatan ini membuat Quipperian banyak belajar tentang pengarsipan, tata usaha kantor dan juga seluk beluk di dalamnya. Pada junior admin bisa kita temukan di beberapa bidang, seperti keuangan, Sumber Daya Manusia (SDM), dan lainnya.
  2. Senior Staf Admin. Jika Quipperian sudah cukup mahir dalam bidang tata usaha, biasanya setelah 3-4 tahun, kamu akan naik menjadi senior staf admin. Untuk posisi ini biasanya kamu akan membawahi staf lagi yang membantumu dalam bekerja.
  3. Kepala Bagian Tata Usaha. Setelah Quipperian mendapatkan promosi jabatan, biasanya kamu akan naik menjadi leader atau kepala bagian tata usaha. Saat menjadi pemimpin kamu biasanya hanya akan memeriksa pekerjaan staf kamu untuk kemudian dieksekusi bidang lain. Jangan lupa bahwa sebagai admin berkaitan langsung dengan manajemen perusahaan lho!
ajeng

Share
Published by
ajeng

Recent Posts

WORDPRESS TEMPAT TEPAT UNTUK PENULIS PEMULA & BERKEMBANG DI MASA DEPAN

  WordPress: Platform Aplikasi Web yang Mengubah Cara Kita Berkreasi Online ____________________________________________________________________________   Dalam era…

5 months ago

Mengenal Lebih Dekat dengan Aplikasi Linux

   Mengenal Lebih Dekat dengan Aplikasi Linux: Pengantar ke Dunia Open Source ______________________________________________________________________________   Linux,…

5 months ago

Teknologi Informasi Dunia Pendidikan

Teknologi Informasi Dunia Pendidikan Revolusi informasi mengubah model komunikasi dunia, jaringan informasi dalam internet  bahwa…

5 months ago

Teknologi Aplikasi Digital

TEKNOLOGI APLIKASI DIGITAL   KONTEN DIGITAL Konten Digital dalam membangun ekosistem digital tentunya juga didukung…

5 months ago

Memahami Fenomena Website Murah di Kediri: Solusi Digital Bagi Bisnis Lokal

Kediri, sebuah kota yang penuh warna di Provinsi Jawa Timur, kini tengah menjadi saksi perkembangan…

7 months ago

Tips memilih laptop gaming yang harus kamu ketahui

Trend laptop gaming semakin meningkat. Hal ini terbukti dari banyaknya produsen laptop yang menghadirkan seri…

3 years ago