Categories: KecantikanKesehatan

GAYA HIDUP ANTI JERAWAT

Jerawat merupakan masalah yang sering terjadi dikalangan wanita, khususnya para remaja. Tahukah kamu apa itu jerawat dan bagaimana jerawat bisa terjadi?. Yuk simak penjelasan berikut agar kamu menjadi lebih paham dan tidak salah mengartikannya!
Jerawat (acne) adalah gangguan pada kulit yang berhubungan dengan produksi minyak (sebum) berlebih. Jerawat terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Hal tersebut menyebabkan peradangan serta penyumbatan pada pori-pori kulit. Peradangan ini ditandai dengan munculnya benjolan kecil yang terkadang berisi nanah di atas kulit. Gangguan kulit ini dapat terjadi di bagian tubuh dengan kelenjar minyak terbanyak, yaitu di wajah, leher, bagian atas dada, dan punggung.
Apasih yang memicu jerawat itu muncul dan bagaimana cara pencegahannya?. Penasaran?, langsung saja baca artikel dibawah ini tentang Gaya Hidup Anti Jerawat yang telah kami rangkum untuk kamu!
Beberapa kondisi yang dapat memicu munculnya jerawat, antara lain:
• Produksi sebum berlebih, yaitu zat yang diproduksi oleh kelenjar minyak untuk mencegah kulit kering.
• Sumbatan pada folikel rambut oleh campuran sel kulit mati dan sebum.
• Bakteri jenis Propionibacterium acnes yang berkembang, menyumbat folikel rambut, serta menyebabkan peradangan.
• Faktor genetik atau keturunan. Kamu bisa mengalami jerawat jika salah satu orangtua memiliki masalah jerawat,
• Folikel yang tersumbat bisa membengkak dan membentuk komedo putih atau komedo hitam jika terpapar dengan dunia luar. Kondisi tersebut sebaiknya jangan dianggap remeh, karena bisa berkembang menjadi pustula, papula, nodul, atau bahkan kista, apabila terkontaminasi oleh bakteri kulit.
• Hormon, yaitu saat aktivitas hormon androgen berlebih atau saat terjadi perubahan hormon saat masa menstruasi.
• Penggunaan kosmetik yang tidak selalu dapat ditoleransi oleh kulit setiap orang.
• Stres yang dapat memengaruhi gaya hidup seseorang, termasuk dalam pola makan yang dapat memicu jerawat.
Adapula faktor-faktor yang mempengaruhi munculnya jerawat, diantaranya:
• Gesekan kulit dengan benda, misalnya jerawat di wajah akibat terlalu sering mengenakan penutup kepala, jerawat di leher karena pemakaian baju yang terlalu ketat di bagian kerah, atau jerawat di punggung akibat sering menggunakan ransel.
• Kebiasaan merokok.
• Keturunan, jika terdapat anggota keluarga yang bermasalah dengan jerawat.
• Konsumsi obat yang mengandung litium, kortikosteroid, atau obat antikejang.
• Masa pubertas, akibat peningkatan aktivitas hormon testosteron yang memicu kelenjar minyak menghasilkan sebum dalam jumlah lebih banyak.
• Penggunaan kosmetik.
• Perubahan hormon, misalnya menjelang menstruasi, tiga bulan pertama masa kehamilan, atau akibat PCOS.
• Stres, yang dapat memperburuk kondisi jerawat yang sudah ada.
Buat tampilan mu semakin mempesona dengan upaya pencegahan jerawat sebagai berikut:
• Batasi asupan gula
Makanan manis dengan indeks glikemik tinggi seperti soda, roti, permen, sereal, es krim, minuman manis, dll bisa membuat gula darah mudah melonjak. Kondisi ini ternyata memengaruhi kinerja hormon yang bertugas merangsang produksi minyak.

• Minimalkan konsumsi susu dan produk berbasis susu
Menurut ahli, susu dan produk makanan berbasis susu dapat meningkatkan sekresi insulin dan produksi hormon yang mengontrol jerawat. Untuk itu,kamu perlu meminimalkan konsumsi susu dan produk berbasis susu.

• Minum cukup air putih
Melansir NDTV, hidrasi atau minum air yang cukup merupakan cara termudah menjaga kesehatan kulit. Asupan air paling tidak enam gelas sehari dapat membantu tubuh kita membuang racun dan membersihkan kotoran dari dalam. Dengan asupan air yang cukup, kulit secara alami juga jadi bercahaya

• Perbanyak makan buah dan sayur
Diet kaya buah-buahan dan sayuran penting untuk memberikan asupan nutrisi yang penting bagi kulit. Ganti menu makanan cepat saji dengan buah dan sayuran segar. Konsumsi sayur dan buah setidaknya lima porsi sehari. Minimalkan juga makanan pedas dan asam.

• Mencuci muka sebelum tidur
Mencuci muka dlam sehar cukuplah dua kali, yakni dipagi hari dan malam sebelum tidur. Mencuci muka sebelum tidur sangatlah penting untuk menjaga kebersihan wajah dari pertikel- partikel debu atau kotoran, dapat mengurangi bakteri dan minyak yang dapat menyumbat pori-pori wajah.

Kebutuhan akan digital IT sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari, Bead IT Consultant merupakan pilihan tepat sebagai partner anda,kunjungi website kami dengan klik link ini : www.beadgrup.com

ajeng

Share
Published by
ajeng

Recent Posts

WORDPRESS TEMPAT TEPAT UNTUK PENULIS PEMULA & BERKEMBANG DI MASA DEPAN

  WordPress: Platform Aplikasi Web yang Mengubah Cara Kita Berkreasi Online ____________________________________________________________________________   Dalam era…

5 months ago

Mengenal Lebih Dekat dengan Aplikasi Linux

   Mengenal Lebih Dekat dengan Aplikasi Linux: Pengantar ke Dunia Open Source ______________________________________________________________________________   Linux,…

5 months ago

Teknologi Informasi Dunia Pendidikan

Teknologi Informasi Dunia Pendidikan Revolusi informasi mengubah model komunikasi dunia, jaringan informasi dalam internet  bahwa…

5 months ago

Teknologi Aplikasi Digital

TEKNOLOGI APLIKASI DIGITAL   KONTEN DIGITAL Konten Digital dalam membangun ekosistem digital tentunya juga didukung…

5 months ago

Memahami Fenomena Website Murah di Kediri: Solusi Digital Bagi Bisnis Lokal

Kediri, sebuah kota yang penuh warna di Provinsi Jawa Timur, kini tengah menjadi saksi perkembangan…

7 months ago

Tips memilih laptop gaming yang harus kamu ketahui

Trend laptop gaming semakin meningkat. Hal ini terbukti dari banyaknya produsen laptop yang menghadirkan seri…

3 years ago