Apa sih teknologi perkantoran?

Teknologi Perkantoran – Seiring dengan perkembangan zaman, ketergantungan akan teknologi juga sudah semakin tinggi. Berbagai aspek kehidupan banyak terbantu berkat adanya teknologi canggih sekarang ini. Tidak terkecuali dengan teknologi perkantoran, yang sangat banyak berperan untuk mengerjakan pekerjaan dengan lebih efisien dan efektif.
Salah satu contoh kecil penggunaan teknologi perkantoran sekarang ini adalah penggunaan komputer. Jika dulu masih menggunakan mesin tik, maka sekarang ada komputer yang memiliki banyak kelebihan. Pembuatan dan pengelolaan dokumen juga semakin mudah dengan menggunakan komputer.
Pengiriman data dan informasi kepada pihak lain juga sudah semakin dipermudah. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan email ataupun faximile. Tidak heran jika teknologi perkantoran memang sangat dibutuhkan pada setiap kantor.
Pengertian teknologi perkantoran
Teknologi perkantoran adalah teknologi yang diaplikasikan dalam kegiatan perkantoran yaitu digunakan untuk mencatat, menghimpun, mengolah, memperbanyak, mengirim, dan menyimpan bahan – bahan keterangan secara efisien dengan menggunakan mesin – mesin kantor.
Konsep kerja teknologi perkantoran
Teknologi perkantoran adalah bagaimana proses mencatat, menghimpun, mengolah, memperbanyak, mengirim dan menyimpan bahan-bahan keterangan secara efisien dengan menggunakan mesin-mesin.
Manfaat teknologi perkantoran
Beberapa manfaat dan kegunaan dari teknologi perkantoran yang sering digunakan contohnya seperti untuk melaksanakan proses menghimpun, menyimpan, mengirimkan, mengelola, memperbanyak ataupun mencatat semua data penting di kantor.
• Manfaat terhadap ketenagakerjaan, yaitu:

  1. Peningkatan mutu tenaga
  2. Meningkatkan kegairahan dan kedisiplinan
  3. Meningkatkan penghasilan bagi tenaga kerja
  4. Meringankan tenaga dan pikiran pekerja
    • Manfaat terhadap terhadap prosedur, yaitu:
  5. Memperlancar pekerjaan
  6. Mempermudah penyelesaian pekerjaan
  7. Menyederhanakan prosedur kerja atau memperpendek mata rantai penyelesaian pekerjaan
  8. Mempercepat penyelesaian pekerjaan
    • Manfaat terhadap hasil kerja, yaitu:
  9. Meningkatkan mutu hasil pekerjaan kantor
  10. Mempertinggi jumlah hasil pekerjaan
  11. Memenuhi standar mutu tertentu
  12. Memperoleh keseragaman bentuk ukuran dan jenis hasil pekerjaan kantor

Macam-macam teknologi perkantoran yang sering digunakan
Beberapa teknologi perkantoran digunakan untuk memudahkan Anda dalam menjalankan sistem kerja kantor. Jika menggunakan teknologi, maka pengolahan data bisa dilakukan dengan cepat dan efektif. Dengan begitu, maka bisnis dapat dijalankan dengan baik dan bisa memberikan keuntungan lebih besar.
Kira-kira apa sajakah jenis-jenis teknologi perkantoran yang sering digunakan di sebuah perusahaan bisnis? Berikut akan dijabarkan beberapa teknologi yang biasanya digunakan pada perkantoran. Anda bisa memanfaatkan teknologi teknologi perkantoran ini tentunya di perusahaan milik sendiri:
• Voice mail
digunakan untuk mempermudah dalam peninggalan pesan sebagai wujud pemudahan layanan telekomunikasi agar komunikasi tetap lancar. Voice mail box ini digunakan oleh karyawan untuk meninggalkan pesan pada pesawat telepon di kantor sehingga dengan mudah penelpon mengetahui keberadaan penerima.
• Kalender elektronik
Kalender elektronik adalah penggunaan peralatan elektronik untuk mencatat, menyimpan, dan meng-akses kalender acara / kegiatan para pimpinan. Walaupun biasanya hanya digunakan untuk mengirim dan membaca surel, program ini juga memiliki fungsi kalender, jadwal kerja, catatan, dan jurnal.
• Videoteks
Videoteks adalah pelayanan informasi interaktif dari komputer pusat yang memungkinkan individu untuk meminta kerangka informasi dari komputer pusat melalui telepon atau kabel, untuk ditampilkan ada layar tampilan video.
• Pengolah kata (Word Processing)
Perangkat lunak pengolah kata adalah suatu aplikasi komputer yang digunakan untuk produksi segala jenis bahan yang dapat dicetak. Contoh perangkat lunak pengolah kata adalah Microsoft Word dan OpenOffice.org Writer

Kebutuhan akan digital IT sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari, Bead IT Consultant merupakan pilihan tepat sebagai partner anda,kunjungi website kami dengan klik link ini : www.beadgrup.com

ajeng

Recent Posts

WORDPRESS TEMPAT TEPAT UNTUK PENULIS PEMULA & BERKEMBANG DI MASA DEPAN

  WordPress: Platform Aplikasi Web yang Mengubah Cara Kita Berkreasi Online ____________________________________________________________________________   Dalam era…

5 months ago

Mengenal Lebih Dekat dengan Aplikasi Linux

   Mengenal Lebih Dekat dengan Aplikasi Linux: Pengantar ke Dunia Open Source ______________________________________________________________________________   Linux,…

5 months ago

Teknologi Informasi Dunia Pendidikan

Teknologi Informasi Dunia Pendidikan Revolusi informasi mengubah model komunikasi dunia, jaringan informasi dalam internet  bahwa…

5 months ago

Teknologi Aplikasi Digital

TEKNOLOGI APLIKASI DIGITAL   KONTEN DIGITAL Konten Digital dalam membangun ekosistem digital tentunya juga didukung…

5 months ago

Memahami Fenomena Website Murah di Kediri: Solusi Digital Bagi Bisnis Lokal

Kediri, sebuah kota yang penuh warna di Provinsi Jawa Timur, kini tengah menjadi saksi perkembangan…

6 months ago

Tips memilih laptop gaming yang harus kamu ketahui

Trend laptop gaming semakin meningkat. Hal ini terbukti dari banyaknya produsen laptop yang menghadirkan seri…

3 years ago